Melunasi Utang Kartu Kredit dengan KTA ?? WISE NGGAK?

“Gila cicilan gue banyak banget, pusing gue ngaturnya setiap bulan” curhat Sinta pada adiknya

“Memang ada berapa cicilan Kak?” tanya Nadia

“Gue punya 5 kartu kredit, masing – masing ada cicilannya dan gue sudah ga sanggup bayar lagi, setiap bulan hanya mampu bayar minimum payment” jawab Sinta dengan muka stressnya.

Kemudian di tengah – tengah kebingungan, ada SMS masuk

“Yth Bpk/Ibu, Manfaatkan kartu kredit anda u/ ajukan KTA Bank ABC. Pinjaman 200juta bunga flat 1,59% provisi 2%. Jika berminat hubungi Angel 0812345678. Terimakasih”

“Wah nad, ini mungkin bisa menjawab semua masalah gue. Daripada gue punya banyak utang, mending satu utang aja yang tiap bulan jelas gue bayarnya berapa” Sinta said excitedly.

“Tapi kak, bunganya gede loh itu”

“Bunga kartu kredit juga gede 2.25% Nad, udah deh gue ambil KTA aja, ga ada opsi lain” Sinta keukeuh

“Kak, coba diskusi dulu sama teman aku yang konsultan keuangan, sebelum ngambil KTA nya. Menutupi utang dengan utang lagi sama saja seperti gali lubang tutup lubang. Mungkin ada cara lain yang lebih baik” Nadia memohon

Apakah benar KTA menjawab semua kepusingan masyarakat dalam membayar sisa utang kartu kreditnya ????

Lets discuss!

Bunga KTA bervariasi tergantung dari Bank yang menawarkan, kalau promo ada yang 0.99% tapi mostly di 1.29% – 1.99% per bulannya atau 15.48% – 23.88% per tahun.  Biasanya semakin besar pinjaman kita, semakin kecil bunga yang diberikan, tetapi sebaliknya jika kita minjemnya relatif kecil, bunganya bisa lebih besar.

Nah, Jika ingin mengambil KTA, ada beberapa biaya yang harus kita aware terlebih dahulu dan biaya di bawah ini bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing Bank.  :

  1. Biaya Provisi . Kisaran biaya provisi ini di 1% – 4.5% dari modal pokok pinjaman. Mayan kannnn!
  2. Biaya penalti pelunasan di percepat. Dari 5% – 8% dari sisa pokok pinjaman atau bayar Rp.200rb saja untuk penalti.
  3. Biaya keterlambatan pembayaran. Nah ini, ada yang 3.5% per bulan dari sisa pengajuan kredit, ada yang 6% dari cicilan per bulan, ada yang 0.28% per hari dari cicilan tertunggak. Jadi mending di cek bener-bener deh kalau  bagian ini.
  4. Biaya administrasi. Ada yang ngga ada biaya sama sekali, ada juga yang bayar . Bisa up to 500rb.
  5.  Biaya asuransi. Ada yang memang pakai biaya asuransi ada yang ngga, kalau yang ada, preminya rata-rata di 0.3% – 1% dari jumlah pengajuan modal.
  6. Biaya Materai Rp.6000,-
  7. Biaya Lainnya sesuai ketentuan Bank.

Sebelum mengambil KTA, maka kita harus aware akan semua biaya yang terkandung di dalamnya.

Benarkah bunga kartu kredit lebih mahal daripada bunga KTA ???

Perhitungan bunga kartu kredit dan bunga KTA tidak sama. Secara angka kesannya bunga KTA yang masih di bawah 2% per bulan ini lebih kecil dibandingkan bunga kartu kredit yang 2.25%. Tapi benarkah begitu adanya?

KTA mostly menggunakan sistem Bunga Flat yaitu bunga yang selalu dihitung dari awal modal pokok pinjaman sedangkan bunga pada kartu kredit dihitung berdasarkan  sisa hutang. Oleh karena itu cicilan KTA akan terus sama setiap bulannya, sedangkan cicilan kartu kredit bisa menurun asal TIDAK DIGUNAKAN LAGI! Ya gimana mau selesai kartu kreditnya, setiap kali bayar, kalian nambah lagi dengan belanja masih pake CC.

Jadi apa donk yang harus dilakukan ketika sudah terjerat utang kartu kredit seperti Sinta ?

  1. Cek dan Ricek pengeluaran bulanan kamu untuk melihat berapa sih sebenarnya kemampuan kamu setiap bulannya untuk membayar hingga lunas.
  2. Lihat aset yang kamu punya saat ini, adakah yang bisa digunakan untuk membayar lunas salah satu atau beberapa kartu kredit  dengan jumlah yang paling kecil terlebih dahulu. Lumayan bisa mengurangi pembayaran setiap bulannya. Bisa baca article gue Mecahin Masalah Utang!
  3. Setelah mengetahui kemampuan membayar kamu setiap bulannya untuk melunasi utang tersebut e.g. Rp.5jt per bulan untuk cicilan. Maka alternative lainnya jika beruntung coba cari soft loan dari orang terdekat, dengan buat perjanjian tertulis bahwa tiap bulan kamu akan membayar sebesar Rp.5jt untuk menyicil utang kamu. Ini supaya mereka juga tau ada itikad baik dari kamu, dan kamunya sendiri akan malu kalau sampai melanggar perjanjian tersebut
  4. Kalau ngga dapat soft loan, alternative lainnya adalah menghubungi provider kartu kreditnya. Si Bank KADANG-KADANG  memberikan promo untuk membuat total utang cc kamu menjadi cicilan Jika memang HARUS, dapat menggunakan cara itu, namanya BALANCE CONVERSION. Kalau banknya lagi baik, kadang bisa loh di kasih cicilan 0% , tapi ini kalau lagi baik ya. Coba di telponin satu-satu provider kartu kreditnya,mungkin mereka lagi ada programnya.
  5. KTA itu pilihan terakhir banget nget nget. Biaya-biayanya banyak. Dan kalau kamu ngga ngecek di awal kemampuan membayar kamu berapa tiap bulannya, trus masih terus menggunakan kartu kreditnya, percuma juga. Double utang namanya.

Contoh :

Ibu Intan mengambil KTA Rp.150.000.000,- untuk melunasi utang kartu kreditnya. Bunga yang ditawarkan dari Bank IDK 1.59% per bulan dengan tempo jangka waktu yang dipilih adalah 36 bulan.

Cicilan setiap bulannya Rp.6,551,667,- dengan break down Rp.4.166.667,- untuk bayar pokok dan Rp.2.385.000,- untuk bayar bunganya.

Biaya provisi yang harus dibayarkan di awal 2.5% dari jumlah pinjaman atau sebesar Rp.3.750.000,- dan ada biaya asuransi 1.5% dari jumlah pinjaman atau sebesar Rp.2.250.000,- .

Total yang harus dikeluarkan adalah :

Total Biaya-biaya di awal = Rp. 6.000.000,-

Total Bunga yang harus dibayarkan selama 36 bulan = Rp.85.860.000,-

Think carefully before you decide using this way!

Kalau ingin ngobrol-ngobrol dulu dengan adviser dari Jouska sebelum membuat keputusan, boleh! Email saja ke adviser@jouska.financial atau no WA 0813-8374-0017 .

Lots of Love,

Dini

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *