Gimana sih Cara Mulai Nabung Saham? (Part 1)

Hello Ladies,

Gue ga akan pernah bosan untuk nulis tentang nabung saham. Kenapa? well,lets discuss!

Investasi di pasar modal untuk perempuan masih dibilang sesuatu hal yang baru dan nggak semua perempuan berani berinvestasi di pasar modal, terutama ketika mendengar kata saham. 

Bursa Efek Indonesia

Saham identik dengan beberapa asumsi yang salah . Ada yang mengatakan saham itu beresiko tinggi kehilangan uang, saham itu judi, saham itu hanya untuk orang yang berduit banyak dan asumsi yang misleading lainnya.

Saham adalah bukti kepemilikan kita akan suatu perusahaan. Bagaimana bisa kita memiliki sebuah perusahaan tanpa harus repot – repot membangunnya tetapi tetap mendapat keuntungan dari perusahaan tersebut? jawabannya adalah dengan menjadi investor saham di perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Apa saja keuntungan dari berinvestasi di saham ?

  1. Modal yang diperlukan saat ini tidaklah semahal jaman dulu, kamu sudah bisa membeli saham dengan modal Rp.100.000,- saja.
  2. Kamu cukup menggunakan aplikasi di handphone atau membuka platform online trading di website untuk melakukan transaksi beli, jual, mencairkan dan memantau pergerakan harga saham kamu.
  3. Kamu bisa menikmati keuntungan pada kenaikan harga saham tersebut di jangka panjang dan juga mendapatkan dividend (pembagian keuntungan perusahaan) yang bisa di dapat setiap tahunnya.

Aplikasi

Keuntungan rata – rata 10 tahun terakhir indeks harga saham gabungan (kumpulan harga – harga saham yang terdaftar di bursa efek) adalah sebesar 19.3% . Investasi dimana coba yang bisa ngasih segede itu di jangka panjang? dan LEGAL !!

Jika uang kita hanya ditaruh  di bank saja, maka value uangnya akan menurun seiring dengan kenaikan pada harga-harga. 

Pertanyaan berikutnya yang sering ditanyakan, apa saja kerugian yang bisa terjadi jika investasi di saham?

  1. Kerugian terjadi ketika perusahaan yang kita miliki sahamnya bangkrut.  Hal ini bisa diantipasi dengan pemilihan perusahaan yang memiliki fundamental perusahaan yang bagus. Perusahaan – perusahaan yang akrab di kehidupan sehari-hari kamu selama bertahun – tahun dan juga produk – produknya digunakan oleh kamu dan keluarga.
  2. Kerugian terjadi ketika adanya penurunan pada harga saham. Saham memiliki pergerakan yang fluktuative tetapi terbukti secara jangka panjang membukukan keuntungan yang signifikan. Kuncinya selain pemilihan pada perusahaan yang tepat, kamu harus bersabar dan tidak serakah. Ketika harga turun, kamu belum dikatakan rugi jika kamu belum menjualnya (cut loss). Tunggu saja hingga harganya naik kembali. Makanya saham lebih cocok untuk jangka panjang terutama bagi kamu para pemula dan tidak ada waktu untuk mantengin harga secara rutin. 

Bagaimana caranya membeli saham ?

  1. Kunjungi perusahaan sekuritas. Kamu bisa cek di website www.idx.co.id untuk list sekuritasnya
  2. Isi form pembukaan rekening
  3. Siapkan dokumen berupa KTP,NPWP dan halaman depan buku tabungan
  4. Tunggu email dari perusahaan sekuritas yang berisikan nomor rekening dana nasabah a/n kamu pribadi.
  5. Transfer sejumlah dana ke nomor rekening tersebut
  6. Kamu akan menerima email lagi yang berisikan username, password dan PIN
  7. Download aplikasi dan platform online trading
  8. Ikuti petunjuk guideline penggunaan aplikasi yang sudah disediakan oleh sekuritas untuk cara melakukan transaksi.

Membeli saham saat ini semudah kamu belanja online. Jangan hanya jadi konsumen, kamu pun bisa menjadi pemilik perusahaan dari produk favorit kamu.

Cussssss…..

Lots of Love,

Dini

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *