Book Review : Yuk Nabung Saham! by Nicky Hogan

Main Saham ? Bukan, Beli Saham! adalah judul article dari Pak Nicky Hogan, Direktur Pengembangan BEI yang pertama kali gue baca di tahun 2015, awal – awal beliau menjabat sebagai Direksi BEI.

He captured several articles he wrote on his social media and I started reading them. My first reaction was “Wuih tumben ada regulator yang bisa nulis, enak lagi bacanya” and then I started telling my business partners and advisers in the office to read them. “Baca deh tulisannya pak Nicky, smooth kaya baca cerita”

Why I got so excited reading those articles?? Well, You gotta admit, banyak orang pinter, expert, high ranking position people di luar sana yang selalu menggunakan bahasa-bahasa complicated and too sophisticated, thus they are successfully make us feel so stupid just by listening to them.

Kamu ngga bisa encourage orang awam untuk mengerti apapun yang ingin kamu sampaikan, ketika kamu lebih fokus nyari kata-kata apa yang bikin kamu terdengar hebat ketimbang mikirin gimana caranya supaya orang mudah mengerti dengan apa yang kamu sampaikan.

“Genius is the ability to reduce the complicated to the simple – C.W.Ceran”

“Keeping it Simple Doesn’t Make You Stupid” . Totally agree! Untuk mengajarkan sesuatu hal yang baru kepada orang awam, maka kamu harus bisa menjelaskan dengan cara membuat orang merasa relate terhadap sesuatu yang mereka familiar terlebih dahulu” .

Salah satu quote favorit di salah satu article pak NH yang berjudul “Investor Sederhana” :

“Individu-individu paling pintar di antara kita menyampaikan pendapat-pendapat dan rekomendasi -rekomendasi paling kompleks, dan itu bukannya membantu tetapi malah semakin membebani dan mengacaukan masyarakat. Memiliki ide sederhana membuat kita seolah-olah tidak cukup pintar,bodoh dan telanjang.”

Article – article yang di tulis oleh pak Nicky ditulis dengan bahasa yang sederhana , lugas yet its always on point. Article demi article yang ditulis mengajak para pembacanya untuk sadar tentang keberadaan instrumen investasi yang dapat mengantarkan kita kepada tahap kesejahteraan finansial di masa depan.

“Anak cucu kita akan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada kita karena kita telah melakukan sesuatu untuk kesejahteraan mereka di kemudian hari” 

Jangan sampai kita melewatkan suatu priviledge yang luar biasa sebagai seorang investor hanya karena kita menutup mata dan telinga untuk mengetahui lebih dekat investasi yang sangat luar biasa ini.

Seneng banget ketika Pak Nicky bilang bahwa article-articlenya akan dibuat jadi buku. YAYY!!Gue percaya keberadaan sebuah buku akan menjangkau masyarakat lebih banyak lagi dimanapun mereka berada.

Tanggal 7 September kemarin, Buku berjudul YUK NABUNG SAHAM! SELAMAT DATANG INVESTOR INDONESIA di launched di Kinokuniya,Sogo Plaza Senayan.

Pada saat acara, Pak Nicky menceritakan salah satu pengalamannya di Desa Argo Mulyo, dimana para penduduk yang mayoritas adalah petani Sahang (lada) sekarang sudah mulai menabung saham. Petani-petani ini paham bahwa memiliki saham menjadikan mereka pemilik suatu perusahaan. Desa Argo Mulyo pun menjadi desa nabung saham pertama di Indonesia. (Detail cerita ada di buku).

Pak Nicky yang begitu semangat menceritakan pengalamannya tersebut, berharap soon enough bukan hanya desa – desa saja yang satu persatu menjadi desa nabung saham, eventually akan ada masanya kampanye ini menjadi INDONESIA NABUNG SAHAM. Semua warga negara Indonesia akan menjadi pemilik perusahaan yang dibangun oleh anak – anak bangsanya sendiri.

Terima kasih Pak Nicky,  dengan kesibukan Bapak yang luar biasa melakukan sosialisasi ke segala penjuru negri, masih bisa menyempatkan menulis di pesawat dan berbagi ceritanya ke masyarakat.

FullSizeRender (6)

(Penyerahan buku di Galeri Investasi BEI,Kendari)

Semoga semakin banyak pelaku pasar modal yang dapat menyederhanakan knowledge yang mereka miliki sehingga masyarakat menjadi semangat untuk mulai berinvestasi dan bukan malah terintimidasi . Untuk yang belum memulai investasi di saham, silahkan beli buku Pak Nicky ini sebagai langkah awal menuju perubahan finansial yang lebih baik lagi.

Lots of Love,

Dini

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *