Inkas
FinBusiness
Kaskus and Its New Innovations

Kamis lalu gue diundang ke acara Power Lunch untuk para bloggers oleh Kaskus. Sebagai pembaca hot thread setia kaskus jaman dulu dan juga kagum dengan ceritanya babang Andrew, gue memutuskan untuk datang karena gue penasaran dengan kaskus sekarang setelah banyaknya kompetitor – kompetitor baru berdatangan beberapa tahun terakhir. Mengingat Kaskus adalah buatannya anak bangsa, ngga ada salahnya kalau kita mendukung sepak terjang mereka. (Ngga cuma acara finance aja kok yang gue datangin ahhaha).

Fioney & Dini

Sebelum acara dimulai, gue bertemu dengan beberapa fellow bloggers, mba onie dan mba venus . Kami pun saling wondering bagaimana dengan kaskus sekarang. Dulu tidak begitu banyak online media maupun forum yang membahas suatu berita terkini. Apalagi sekarang suatu berita bisa dengan mudah di sharing di social media masing – masing pembaca tanpa harus ke website. Tidak hanya itu, di era technology yang makin innovatif ini, media – media pun mulai either membuat aplikasi yang memudahkan pembaca untuk membaca berita atau berkolaborasi dengan aplikasi untuk tap in dalam memberikan informasi. Hayo ngaku, siapa yang suka membaca di Line Today??

Kaskus juga terkenal dengan Forum Jual Belinya. Gue pernah beli beberapa barang melalui Kaskus. Ini juga yang membuat gue pengen datang . Kan sekarang banyak banget market place berupa website maupun aplikasi dari dalam maupun luar negri yang mulai menjamur.

How does Kaskus step up their game in this situation?

Acara yang diselenggarakan di Bunga Rampai ini pun dimulai. Chief Marketing Officernya Kaskus, Bapak Ronny W. Sugiadha, menjelaskan innovasi – innovasi yang sudah dan akan di launching oleh Kaskus. Ternyata emang dasarnya aja kita – kita yang ngga ngeh selama ini kalau Kaskus sudah punya aplikasi sendiri untuk beberapa feature mereka seperti Kaskus Jual Beli, Kaskus Forum dan Kaskus Chat.

Kaskus chat itu semacam whatsapp tapi terintergrasi juga dengan Forum Jual Beli (FJB) nya jadi penjual dan pembeli bisa saling berinteraksi. Belum lagi kita bisa baca review – review yang menjadi khasnya kaskus selama ini. Di chat ini juga bisa transfer duit. Fasilitas FJB yang diberikan beneran end to end. Kalau dulu kebanyakan cuma bisa COD sekarang udah bisa pakai jenis pembayaran bermacam – macam

Apps Kaskus Jual Beli

Kaskus juga berkolaborasi dengan beberapa media untuk konten seperti Metro Tv, Beritagar, Gatranews dan Tribunnews.com .

Yang membuat gue tertarik adalah, para user bisa monetize hobi – hobi mereka loh. Sebagai financial planner, gue mendukung kegiatan apapun yang produktif dan memberikan income dengan cara yang legal untuk masyarakat Indonesia termasuk dengan menggunakan fasilitas yang ada di Kaskus ini.

Kaskus akan launching Kaskus Creator di bulan Agustus untuk para pembuat konten original dimana kalian bisa mendapatkan revenue dari jumlaj views dari setiap konten yang dibuat.  Buat para penulis, selain kalian bisa dapat exposure juga bisa dapat income. Beberapa penulis setia di kaskus malah sudah buat buku loh. Ga sabar!

Ada juga Kaskus Social TV untuk melakukan video streaming dan memberikan komentar di waktu yang bersamaan. Semacam Instagram live gitu. Buat kamu yang hobi bikin video, bisa juga menggunakan Kaskus Lounge Video tanpa harus melalui pihak seperti youtube.

Pak Ardy Alam , Chief Product Officer dari Kaskus juga bilang kalau Mereka juga punya Machine Learning yang bisa mendeteksi berita/konten yang sedang viral dan juga nge-blocked spam-spam ga penting.

Kaskus CMO CPO

Aduh banyak deh inovasi – inovasi karya anak bangsa yang bikin bangga ini.

Tapi kenapa kita ga pernah dengar tentang inovasi ini ya ?

Unlike most of market places or online media yang jor – jor an dalam melakukan advertising, Pak Ronny bilang kalau mereka lebih fokus untuk menggunakan dananya untuk terus melakukan inovasi yang lebih berfaedah.

Ada benernya juga sih, banyak banget aplikasi di luar sana yang lebih mengutamakan untuk spending besar untuk memasarkan produknya daripada fokus terhadap pengembangan inovasi dan sistem didalamnya terlebih dahulu. Makanya ngga semuanya bisa survive dalam jangka panjang. Gue harap Kaskus yang umurnya sudah 18 tahun ini tetap akan terus bertahan dan semakin berkembang. At the end of the day, produk yang mau tetap berinovasi, dan mengikuti kebutuhan masyarakat yang akan survive di kondisi apapun.

Penasaran ? coba deh yang udah lama ga main – main ke Kaskus, download aplikasi mereka.

Lets support produk anak bangsa!!

Lots of Love,

Dini

Farah Dini
An Independent financial advisor who loves to help other people in achieving their goals. In love with financial planning world and have a goal to share the beauty of investing money for the future.
posts 139
words/post 684
media 286
comments 208
visits 165807

Leave a Comment

Name*
Email*
Website