Menangkal Investasi Bodong

Hei Ladies,

Hari ini gw mau ngomongin soal investasi bodong AGAIN!

Jadi Janus diundang untuk datang ke seminar yang diadakan oleh Kontan dan OJK dengan topik Menangkal Investasi Ilegal beberapa waktu lalu.

Topik yang selalu HOT untuk dibicarakan ini memang menjadi perhatian khusus regulator mengingat korban – korban yang berjatuhan tidak sedikit.

Bayangkan saja menurut nara sumber, ada sekitar 80 Triliun dana masyarakat yang nyangkut di investasi bodong sekarang. Sedangkan total dari tahun 1975 – 2015, total kerugian di investasi bodong ada Rp.126 T . Ya ampunnn, duit semua ituuuu!!!Coba aja duit segitu ada di pasar modal huaaa pasti akan jauh lebih bermanfaat bagi negara dan juga investor itu sendiri -__- . Sayang yah mereka lebih memilih untuk investasi dengan janji janji manis return gede dalam waktu singkat.

Yang sangat mengejutkan lagi , banyak para korban ini memiliki latar belakang akademisi yang tinggi, makanya bisa dibilang tingkat akademis bukan suatu jaminan untuk mementukan financial literacy seseorang.

Jadi menurut salah satu speaker, banyak yang kena perangkap investasi bodong itu karena tergiur cerita sukses sodara/teman. Trus ada lagi nih fenomena yang bikin senewen, si perusahaan odong itu menggunakan tokoh masyarakat atau tokoh agama untuk membantu mengencourage orang untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Malesin banget kan…

Ada satu perusahaan yang salah satu ownernya si tokoh agama . Jadi kedoknya kegiataan keagamaan tetapi sebenarnya untuk nyari calon nasabah . Trus korban – korbannya kebanyakan para pengusaha. Ada salah satu ibu – ibu yang mengorbankan uang pensiun suami untuk ikut investasi yg disarankan oleh si tokoh agama ini. HISH!!!kebayang stress nya si ibu setelah dananya raib… (btw gw ga jelekin tokoh agama ye, itu mah oknum doank)

Bagi para pelaku investasi bodong, yang penting di awal itu adalah TRUST! “Ketika orang sudah percaya, semuanya pasti diberikan”. Ibarat pacaran dibikin cinta mati dulu baru ditinggalin. Beberapa bulan pertama aja hot hot nya, dikasih bunga melulu tiap bulan, habis itu hilang ditelan bumi . *inibukancurhatan*

Ada lagi yang bikin gw gemes, orang pada takut investasi di saham gara – gara dia atau orang di sekitarnya pernah kena investasi bodong yang mengatasnamakan perdagangan berjangka. Trus buat orang yang ga paham bener, pada nyamainnya dengan saham gara – gara ada grafiknya -__- .

Ciri-ciri investasi bodong itu banyak dan pernah di bahas juga di blog ini, tapi to simplify gini aja deh kalau kamu disuruh transfer uang kamu ke rekening pribadi pengurus atau nama perusahaan tersebut,  ya jangan mauuk! kamu invest di saham, transfernya ke rekening dana atas nama kamu, kamu invest di reksadana, transfernya ke rekening atas nama produk. Kalau ditawarin investasi trus transfernya ke atas nama individu, ya udah kelar!

Udah gitu ya, banyak para korban ini sudah tau ada indikasi yang ga beres dengan si perusahaan bodong bukannya ngelapor , tapi kebanyakan masih aja denial. Giliran si pelaku kabur baru teriak – teriak. Alasan mereka denial, karena mereka masih berharap bahwa ada secercah harapan kalau si pelaku bakal segera mengembalikan duit mereka. Jangan mau lah di PHP in ..sakittt!! *bukancurhatanjuga*

So ladies, protect yourself! jangan mudah tergiur janji janji manis. Kalau kemanisan, patut dicurigain, pasti ada udang di balik batu *inimasihngomongininvestasibodongkok*

Lots of Love,

Dini

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *