Ikut Tax Amnesty atau Pembetulan SPT aja ?

Harus ngga gw ikut TA ?

Pembetulan SPT aja boleh ? kan cuma revisi aja tinggal masukin harta – harta yang belum di taro di SPT, ngapain pake bayar uang tebusan segala?

Konsekuensinya apa kalau gw cuma pembetulan SPT aja ?

Buanyak banget pertanyaan dan pernyataan dari yang baik baik sampe yang nyinyir.com sejak UU no 11 thn 2016 tentang pengampunan pajak ini di sosialisasikan.

Tax amnesty atau pengampunan pajak itu adalah HAK seluruh wajib pajak, bukan paksaan . Dan baru – baru ini diperjelas lagi dengan informasi siapa saja yang tidak perlu mengikuti TA ini.

1. Jika penghasilan kalian di bawah PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak = 54jt per tahun/4.5jt per bulan) meskipun punya harta
2. Pensiunan yang incomenya cuma dari uang pensiun aja.
3. Punya warisan atau hibah yang belum di laporkan di SPT tahunan.
4. Anda prefer untuk melakukan pembetulan SPT tahunan aja.

Pada point 4, timbul lagi pertanyaan dari orang – orang, konsekuensinya apa kalau gw cuma ngebetulin SPT?

Selama kamu yakin kalau harta yang kamu peroleh selama ini adalah dari penghasilan yang memang sudah dipotong pajak dan bukan dari penghasilan yang “anehaneh” maka cukup pembetulan SPT saja, dengan ngisi form pembetulan,lampirkan copy SPT 2015 terakhir (bisa minta copy annya sama org pajak kl ngga nyimpen) plus bayar deh 100rb saja (masih ga mau bayar juga??)

Tapi kalau ngerasa selama ini ga pernah melewati prosedur harus bayar pajak penghasilan/minim bukti potong pajak/etc atau simply ngga pengen diusik sama sekali kedepannya oleh aparat pajak tentang asal usul harta, maka ikutlah si TA ini. Harta yang kamu peroleh 30 tahun mundur, dari 1985 – 2015 tidak akan dipertanyakan sama sekali, begitulah jaminannya.

Jadi to summarize, dengan ikut TA, harta 30 thn mundur tidak akan dipertanyakan dapatnya dari mana dan harta yang tidak dilaporkan sebelumnya dihapuskan pajak terutang dan sanksinya. 

Kalau cuma pembetulan SPT, maka tidak ada jaminan hartanya tidak akan dipertanyakan di masa depan (kalau dapatnya dengan cara yang halal dan jujur mah ga usah kawatir) . Lakukan pembetulan SPT ini sebelum 31 Maret 2017 karena kalau kamu ga ngebetulin juga, maka kalau ditemukan harta yang diperoleh sejak 1985 – 2015 yang belum dilaporkan di SPT tahunan PPh,  harta tersebut akan diberlakukan sebagai tambahan penghasilan dan dikenai pajak dan sanksi UU yang berlaku.

Jadi ikut TA apa pembetulan SPT aja ?

Dikembalikan lagi ke kamu nya. Kan kamu yang lebih tau harta – harta kamu bersumbernya dari mana.

Ikut TA maupun pembetulan SPT, kalau ngisinya tetep ga jujur juga, bakal dapat sanksi dan denda yang lebih parah lagi.  (cek postingan sebelumnya untuk hitungannya – “Ngapain sih ikut TA?”  )

Seperti kata orang, di dunia ini cuma ada dua yang pasti, yaitu kematian dan pajak. Jadi mending jujur aja, era transparansi informasi is on its way!

Kalau kata slogannya dirjen pajak “Ungkap,Tebus,Lega” !! haha

Lots of Love,

Dini

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

56 Comments on “Ikut Tax Amnesty atau Pembetulan SPT aja ?”

  1. Maaf mbak Farah, saya ingin menanyakan baik nya bagaimana ya kalau saya baru saja terdaftar sebagai Wajib Pajak (sebagai karyawan) per September 2016 ini… Aset atas nama saya = rumah, mobil, deposito…
    Baik nya saya ikut Tax Amnesty 2016 atau bagaimana ya? Terima kasih

  2. saya mau tny saya sudah lapor SPT tahunan tapi saya blm mencantumkan rumah yg atas nama saya sedangkan saya diatas namakan rumah itu oleh orang tua saya yg saya lakukan itu pembetulan spt atau ikut tax amnesty?? sedangkan gaji saya smp dengan 2015 hanya 3jt.. Terima kasih

  3. siang mba, infonya bagus banget simpel jadi bisa lbh mudah dimengerti. ^^
    Btw, mau tnaya mba, saya sdh laporan SPT 2015 (yg dilakukan april 2016). Tapi per bulan mei 2016, orang tua beli mobil dgn nama saya (sdg kan penghasilan saya tidak mencapai 54 juta pertahun) kira2 apakah saya perlu melakukan pembetulan atau ikut tax amnesty ? saya jg ada deposito tp itu dari bulan mei yg berasal dari penghasilan saya, apa perlu dilaporkan pembetulan atau tax amnesty?
    Makasih sebelumnya yah mbaa atas bantuannya.. ^^

  4. Mbak, tolong tanya, kalau TA kan ada batas2 waktunya ya yg terdekat ini akhir Sept dan seterusnya, kalau pembetulan hanya ada 1 deadline ya, 31 Maret 2017 ?

    Kalau ada pajak yang dirasa perhitungannya tidak benar, contoh, saya dapat kerja bulan Des, sama perusahaan dilaporkan pphnya nihil, karena penghasilan Des tersebut disetahunkan, dipotong PTKP, jadi kurang dari PTKP, padahal kalau digabung dengan penghasilan suami, seharusnya sudah kena yang di level 15 atau 25 %, jadi secara perusahaan ini diabaikan/tidak diperhitungkan, dan dibayar nihil, apa berarti kekurangan bayar pajaknya itu saya yang harus bayar, padahal perjanjian kerja kan kita taunya pajak sudah net, begitu. Jadi apa diikutkan TA aja misalnya.

    Terus ada juga asuransi unit link yang tidak dilaporkan selama ini oleh suami, jadi apa berarti ikut TA dan juga pembetulan, bisa dua-duanya begitu ?

    Terima kasih ya atas jawabannya.

    1. 1. Perusahaan
      2. NPWP sendiri atau gabung dengan suami ? kalau gabung dengan suami tinggal melaporkan penghasilan gabungan dan PTKP pun akan berubah. sesuaikan besarnya yang harus disetor dan yang sudah dipotong perusahaan. jika angka lebih besar yang dipotong berarti lebih bayar tetapi jika angka yg harus disetor lebih besar berarti kurang bayar dan harus menyetorkan kekurangannya dan melaporkan pembetulan SPT.
      3. Untuk asuransi silahkan lakukan pembetulan SPT saja.

  5. Mbak..
    2015 saya ada jual lahan 300jt.. sy uda byr pajak yg 5%. Uang hasil jual lahan sy bangun 3ruko diatas tanah yg sdh ada di spt 2015. Nah bangunan yg 3 ruko ini yg belum ada di spt. Sebaiknya ikut TA apa pembetulan aja yah mbak

    1. Rukonya jadinya kapan?
      karena pajak akan update setiap data per tanggal 1 Jan setiap tahunnya. Kalau 1 jan 2015 belum ada ruko nya, memang belum ada spt nya. Tapi nanti tinggal di update aja di SPT 2016 (yang dilaporkan paling lambat tgl 31 maret 2017)

  6. Selamat sore mba farah…

    Saya karyawan swasta. Laporan pph dibuat oleh perusahaan tempat saya kerja. Terdaftar 2012. Selama ini saya tidak mencantumkan harta di spt. Bila harta sepeti rumah atas nama orang tua diikutkan dalam spt saya, Klu seandainya saya ikut pembetulan apakah bisa dan apakah betul pembetulan sampai bulan maret 3017. Atau saya harus ikut ta?
    Terimakasih

    1. Harta a/n ortu masuk di SPT ortu. Hanya harta2 a/n kita saja yang dimasukan ke dalam SPT. Lakukan pembetulan SPT saja dari tahun 2012 – 2015. Betul pembetulan SPT sampai Maret 2017. Lakukan secepatnya aja ya 🙂

  7. Malem mb. Saya sedang bingung krn PTKP saya di bawah 54 jt setahun nya,tp knp saya dpt kiriman surat ttg himbauan tak amnesty dari kantor pajak y? Pdhl th kmrn pelaporan spt saya jg dibantu kantor pajak proses online nya. Sebaiknya gmn y mb? Mksh

  8. Selamat Pagi Mbak Sarah,

    Mbak dari ulasan Mbak Sarah dituliskan sbb “Lakukan pembetulan SPT ini sebelum 31 Maret 2017”

    Artinya kalau ada harta saya yang belum saya laporkan bisa dilaporkannya tahun depan saja ya (saat pembuatan SPT 2016) alias tidak usah di perbaiki sekarang (perbaikan SPT yg dead line nya 30 Sept ini.).

    saya adalah karyawan yang pajaknya sudah dipotong dan dibayarkan oleh perusahaan. dan harta yang belum dilaporkan adalah murni hasil menabung saya.

    Demikian dan terima kasih.

  9. Mbak Sarah,

    tambahan sedikit.
    Apabila sebagai karyawan, maka hanya cukup update SPT .
    pertanyaanya : apakah ada konsekuenssi khusus bila perbaikan SPT nya tidak dilakukan tahun ini (30 Sept 2016, melainkan bila dilakukan tahun depan saat pelaporan SPT 2016? ? (31 Maret 2016)
    intinya, Apakah beda melakukan update sekarang atau tahun depan?

    Demikian dan terima kasih.
    Medi

    1. TIdak ada bedanya mbak, yang jelas sebelum Maret 2017 untuk pembetulan SPT. Saran saya sih ga usah nunda – nunda untuk pembetulan SPT karena nanti kalau last minute, prosesnya bisa jadi lebih lama, karena orang pada ngantri.

  10. Mba Farah

    Mau tanya. Sejauh ini penghasilan sdh lapor pajak. Desember 2015 saya membyr DP rumah dan ada surat pemesanan rumah. Tapi ini blm dilaporkan.
    Kemudian ada mobil 2013 dan rumah 2002 atas nama istri saya dr orang tua nya.
    Istri punya NPWP tapi pajaknya nihil tidak bekerja. Dan rencananya mau penghapusan NPWP agat sekalian ikut nama saya (suami).
    Utk hal tersebut, baiknya ikut TA atau pembetulan saja?
    Kalau pembetulan, apakah prosesnya bisa online atau harus dengan hard copy?

    Terima kasih

    Salam
    Purba

  11. Mbak saya ada beli ruko tgl 27 januari 2015 sy belum masukkan d spt tahun 2015, apakah sy harus melakukan pembetulan spt atau nanti saja sy update di spt 2016 ?

  12. Mbak Sarah, saya mau share:

    Posisi Kasus: Saya membeli secara angsuran Tanah dan Bangunan sejak tahum 2009 dan sekarang sudah lunas tetapi belum di Balik nama, dan sudah dilaporkan dalam SPT 2015, dengan harga perolehan Rp. 100 juta, tetapi sekarang harga pasar Rp. 500.000.000.-

    Pertanyaannya: Apabila saya ikut TA dengan mengungkap harta lain misalnya Deposito Rp. 20.000.000 dengan uang tebusan Rp. 400.000,- (2%)
    dan setelah ikut TA saya mau Balik Nama ke nama saya, apakah pasal 15 bebas PPh berlaku untuk Pengalihan nama tersebut????????, tks

  13. Mbak Sarah mau tanya:

    Posisi Kasus : saya membeli tanah dan bangunan secara angsuran dari keluarga jauh (bukan garis lurus) sejak tahun 2009, dan saat ini telah lunas, dan telah dilaporkan dalam SPT 2015 sebesar Rp. 100 juta, saat ini harga wajar Rp. 500 juta.
    Pertanyaan:
    Apabila saya ikut TA dengan mengungkap harta lain berupa Deposito Rp. 20.000.000,- dengan uang tebusan Rp. 400.000.-
    Jika setelah TA saya mau Balik Nama Tanah dan rumah tersebut apakah terhadap peralihan tersebut berlaku pasal 15 tentang bebas biaya PPh, terima kasih

  14. Met malam mba Dini, to the point ya.. Pertanyaan 1: punya NPWP baru thn 2015, tapi bekerja sejak thn 2012, perlukah membuat SPT 2012 s/d 2014?
    Pertanyaan 2: warisan didapat sejak usia TK, benarkah harus dicantumkan pada pembetulan SPT 2011? Atau 2015 saja? Sebab kata pejabat pajak, harta sblm 2011 dilaporkn pd SPT 2011. Jadi pembetulan SPT itu bukan jadi satu pafa pembetulan SPT tahun terakhir saja ya? Terimakasih sblmnya..

  15. Selamat siang Mba Dini,

    Mau tanya, saya dapat surat dari kantor pajak mengenai jumlah harta yang saya laporkan di spt tahun 2014 dengan jumlah penanaman modal yang ada di AKTA. Jumlah penanaman modal yang ada di AKTA bukanlah jumlah harta yang sebenarnya dan sebagian merupakah hibah dari orangtua. Kantor Pajak memberikan 2 pilihan TA atau pembetulan. Kalau pembetulan saya harus mencantumkan harta yang sebenarnya saya miliki. apakah harus ada bukti2 untuk harta yang saya laporkan? Harta itu berupa gaji yang saya terima dari perusahaan. Apa konsekuensi untuk TA dan pembetulan? Kalau pembetulan apakah harus membayar denda 2% dari beda aset yang dilaporkan dengan jumlah modal tersebut? Terima kasih.

    1. Jika pembetulan, tinggal kasih bukti-bukti saja harta tersebut sumbernya dari mana. Apabila alur nya jelas maka cukup pembetulan saja tapi ketika ada harta yang bingung pembuktiannya gimana dan menghindari keribetan di kemudian hari, maka harus ikut TA dengan tarif sekarang yang 5% ya 🙂

  16. Malam mba dini, saya mau tanya suami saya mendapat kan tanah warisan dari ortunya di 2009 tapi tidak pernah kami masukan ke laporan spt karna lup dan pikir suami hanya atas nama saja secara surat semua masih di mama nya, lalu kami dapat surat di pertanyakan tanah itu kami baru ingat ada tanah itu, lalu kami ke kantor pajak dan di bilang ikut tax amnesti, apakah kami harus TA? Apakah tidak bisa pembetulan saja? Sampai hari ini kami belum lapor yg spt 2015 kna jadi bingung dan kami pun berat bayar TA untuk tanah itu, tolong advisenya ya mba, tq

  17. mba.. utk aset ortu tp pinjam nama anak pd saat ajb gmn solusinya ya. ortu tdk pnya npwp. utk rumah kpr yg tdk dilaporkan di spt krn blm lunas itu jg gmn, apakah ta atau pembetulan? k kpp tnya ar nya jwb nya beda. ada yg jwb tdk perlu dilapor krn bkn milik kita utk aset ortu, ada yg jwb ikut ta, ada jg jwb pembetulan. utk rmh kpr apa hrs ta sementara itu di dpt dr gaji yg tiap bln nya sdh dipotong pajak. mhn jwbnnya ya mbak

  18. Mba Farah, saya blm melaporkan asset berupa mobil dan apartemen a/n saya dan istri saya di pelaporan SPT 2015 dan 2016, sedangkan saya sejak 2015 sampai sekarang sudah tidak berpenghasilan, apakah saya bisa melakukan pembetulan spt, asset itu diperoleh di tahun 2014 dan 2015.

  19. Slmt malam mbak, sy baru buat npwp desember th 2016, punya warisan rumah dan kendaraan, sekarang sy usaha setelah suami meninggal, alm tdk punya npwp. perlu kah ikt TA, klo ikt bisakah tarif UMKM?

  20. Hai Mba’ Farah,

    Mau nanya nih Mba’, saya karyawan dengan penghasilan 5 juta/bulan, selama 3 tahun ini saya selalu lapor SPT dari penghasilan kantor saja. Di awal tahun 2015 kemarin saya diberi mobil oleh seseorang atas nama saya yg dibeli secara kredit (sampai sekarang belum lunas). Apakah lebih baik saya melakukan pembetulan SPT 2015 atau ikut TA ya Mba’ ?

    1. Kalau pembetulan, apakah mobil ini dilaporkan sebagai hibah atau apa ya, karena yang bayar kreditannya bukan saya tapi orang lain yang tidak ada hubungan darah ?

    2. Kalau ikut TA, berapa tarif tebusannya nya untuk periode 3 bulan terakhir ini ?

    Tolong bantu dijawab ya Mba’, terima kasih.

  21. Hi Mbak Farah,

    ada pertanyaan nih mengenai SPT Pribadi, saya melakukan renovasi rumah yg saya tinggali bersama ortu saya pd tahun 2015 dengan melakukan pinjaman KPR di Bank, pihak bank mengabulkan pinjaman saya dengan jaminan tanah atas nama ortu saya,saya dan ortu punya npwp dan tanah tsb ada di spt ortu saya.
    pertanyaannya adalah karena ada pinjaman di bank saya harus laporkan credit bank atas nama saya di spt dan di sisi aset saya harus laporkan apa ya?lagipula rumah yg dijaminkan di bank milik ortu dan selalu dilaporkan di spt miliknya bagaimana pelaporannya yg tepat?saya juga menerima surat dari kantor pajak yg menyarankan utk melakukan TA karena ada tanah yg dijaminkan di bank dan belum dilaporkan di spt yg harusnya sudah dilaporkan tp di spt ortu saya,apakah tepat melakukan TA?lagipula saya keberatan juga dengan ongkos TA yg harus dikeluarkan bagaimana solusinya?

    thanks
    -Juliana-

  22. Dear mbak farah

    Tahun 2012 saya beli tanah, dari tahun 2012- 2013 proses pembangunannya sd selesai. Tapi sejak 2010 sy tidak pernah mencantumkan asset sy tsb dan mengisi spt sbg pekerjaan makelaran yg dibawah ptkp ( dan memang jujur pendapatan sy dibawah ptkp 2010 – 2016) sy pernah kerja 2005 – 2008 yg memang sdh dipotong pph, trs th 2015 – 2016 jg kerja lg sbg karyawan jg terlampir pemotongan sphnnya dqn status s/d skrg bahwa SPT saya adalah pegawai

    Pertqnyaan sy cukup pembetulan spt atau ikut TA? Kl ikut TA tdk ada uang u/ penebusanya

    Mohon dijawab y mbk, dan terimakasih sebesar2nya atas jawabannya

  23. Hi mbak Farah,

    Mau tanya. Kebetulan ada 2 kasus yang perlu saya tanyakan.

    Kasus pertama:

    Tahun 2012 silam saya ada pindah kerja. Sebut saja perusahan A untuk perusahaan pertama, di perusahan A tersebut saya bekerja kurang lebih 6 bulan, kemudian saya pindah ke perusahaan B.

    Saat tahun 2013 ketika akan melaporkan pajak tahun 2012, saya memperoleh bukti potong pajak dari perusahaan A, entah bagaimana, saya kurang ingat, saya lupa pernah memberikan npwp saya ke perusahan A atau tidak. Sehingga di bukti potong pajak dari perusahaan A tercantum nama saya dan npwp nya hanya terncantum 000…0.

    Ketika mengisi formulir SPT saya mencoba menggabungkan jumlah pajak yang dibayar dari perusahaan A dan B, tetapi ternyata hasilnya kurang bayar. Jadinya saya hanya melaporkan bukti potong pajak dari perusahaan B.

    Sebagai catatan, di perusahaan A sesuai dengan perjanjian kerja, upah yang saya terima adalah netto.

    Kasus kedua:

    Tahun 2015 silam, saya juga pindah kerja. Kasus yang kedua ini berbeda dengan kasus pertama. Sebut saja kedua perusahaan tersebut adalah perusahaan D dan perusahaan E. Di perusahaan E bekerja mulai dari bulan Oktober – Desember 2015.

    Selama 3 bulan bekerja di perusahaan E saya menerima gaji brutto. Awalnya saya heran kenapa menerima gaji bruto (tapi dipotong bpjs tk).
    Ternyata setelah menerima bukti potong dari perusahaan E ternyata penghasilan saya selama 3 bulan tersebut dihitung sebagai penghasilan PTKP sehingga tidak ada pemotongan pajak.

    Alhasil pada SPT untuk tahun 2015 tersebut saya hanya melaporkan potongan pajak dari perusahaan D.

    Pertanyaannya adalah:
    1. Untuk kasus 1 pertama, apakah saya harus melakukan TA atau hal lain ke kantor pajak?
    2. Untuk kasus ke 2. Apakah yang sudah saya lakukan betul atau tidak? jika tidak apa yang harus saya lakukan?

  24. Mbak Dini Yth,

    Saya punya npwp tp sejak 2011 tepatnya setelah resign sy tdk pernah lapor SPT. Saya bersama suami punya bbrp aset rumah & kendaraan diatasnamakan nama sy & sumber pembeliannya dari penghasilan suami yg kerja di luar negeri (penghasilan suami sdh dipotong pajak di LN & slip gaji suami ada sy simpan buat pembuktian). Suami juga punya npwp tp tdk pernah lapor SPT. Apakah sy bisa hanya melakukan pembetulan SPT 2015 mengingat terakhir lapor SPT th 2010 & sy sepertinya blm melaporkan aset2 saya di SPT tsb? Atau harus ikut TA? Suami juga haruskah ikut TA atau bikin SPT aja?

    Dan skrg saya punya usaha toko baju, sejak 2015 rutin bayar pajak final 1% tp blm lapor juga. Kalau memang bisa melakukan pembetulan SPT nanti sekalian bisa dimasukkan juga penghasilan dari toko sy tsb yg sdh sy bayarkan pajaknya?

    Maaf ya panjang abis sy mumet banget nih mslh TA.

    Makasih banyak ya mbak, semoga berkenan menjawab pertanyaan saya ini. Ditunggu banget ya jawabannya.

    Salam,
    Syasya

  25. Dear Mbak Farah,

    Selamat siang nama saya Andi. Mohon bantuannya untuk permasalahan saya. Untuk pelaporan SPT tahun 2015 saya sudah melaporkan harta saya berupa rumah tinggal, mobil dan motor beserta harta perolehannya (tanpa perincian alamat lengkap, serta tipe dan no polisi untuk kendaraan)tetapi untuk mobil dan motor yang saya tulis adalah harga perolehan yang sudah penyusutan, misal waktu beli mobil 150jt tetapi yang saya tulis 100jt(karena saya pikir harta tersebut menyusut) begitupun dengan motor.

    Lalu sekitar bulan desember 2016 saya mendapat email dr amnesti pajak bahwa saya belum melaporkan harta saya berupa tanah dan bangunan begitupun dengan mobil dan motor(padahal saya sudah lapor cuman memang tidak dirinci) seperti dibilangnya saya mempunyai tanah dan bangunan di jalan xxx padahal itu yang saya laporkan sebagai rumah tinggal, begitupun dengan kendaraan.sehingga akhirnya saya membuat pembetulan dengan melengkapi laporan harta di spt 2015 yaitu berupa rumah tinggal lengkap dengan alamatnya begitupun dengan kendaraan saya lengkapi dengan no polisi dan jenisnya dan semua berupa harga pembelian. Lalu di spt 2016 ini saya juga melaporkan harta saya berupa rumah tinggal, kendaraan (seperti spt tahun 2015) ditambah tabungan saya dan istri (saldo per 31 desember 2016) dan juga asuransi yang saya miliki beserta istri dan anak2 (dana yang bisa diambil per 31 desember 2016).

    Pertanyaan saya apakah saya harus melakukan pembetulan kembali SPT 2015 dengan memasukkan tabungan (saldo per 31 desember 2015) dan juga asuransi (saldo per 31 desember 2015) tersebut atau tidak?atau cukup dengan spt 2016 yang sudah lengkap ini? karena jujur saya tidak ingat saldo tabungan dan nilai asuransi kami per 31 desember 2015 tersebut.

    Mohon bantuannya dan terima kasih banyak atas waktu dan perhatiannya. karena pasti banyak masyarakat awam bingung mengenai tax amnesty ini yang katanya tujuan awalnya begitu baik yaitu untuk menarik dana-dana para konglomerat dari luar negeri untuk masuk kedalam negeri. Kenapa akhirnya jadi seolah-olah tidak pandang bulu masyarakat atas menengah maupun bawah jadi kena dampaknya.

    Seperti saya yang hanya karyawan swasta,pokoknya kita sebagai WNI yang baik sudah melakukan kewajiban kita dengan dipotongnya gaji kita untuk membayar pajak, sangat tidak adil rasanya untuk kendaraan dan rumah tinggal dimana yang kita beli dari hasil keringat kita dan sudah dibayar pajak kendaraan dan PBB nya tiap tahun, tabungan yang kita peroleh dengan hidup hemat, dan asuransi yang kita bayar sebagai jaminan untuk anggota keluarga kita apabila terjadi apa-apa, harus dipungut tax amnesty lagi hanya karena mungkin kita lupa atau hanya karena tidak melaporkan di SPT saja.

  26. Siang mba Farah, maaf sy msh bgg dg amnesti pajak ini. Bulan kemarin suami sy dpt surat himbauan dr kantor pajak untuk ikut TA, untk harta yg belum dilaporkan di SPT sebelumnya dan ada tgl paling lambat urus 31 maret 2017 ini.
    Yg jd pertanyaan, kl suami sy mau urus pembetulan SPT aja bisa ga ya? Apa ada denda atau tebusan yg hrs dibayar? Perhitungannya gmn?? Dan ada berkas yg hrs dibawa ga ya??

    Terima kasih.

  27. Siang mbak Farah.. saya seorang PNS ,SPT Tahun 2015 sdh ada,sy mendapat rumah Korpri dg DP th 2010 ( harga rumah dan lokasi rumah sdh tercantum ) tp sampai sekarang Maret 2017 belum terbangun ,perjanjian bila rumah selesai terbangun baru angkat kredit,harus dilunasi harga rumah dipotong DP , lokasi sudah dibagi tinggal beberapa rumah belum terbangun termasuk punya saya.. apakah saya TA kan untuh SPT Tahun 2016 ? mengingat rumah belum terbangun dan SPT Tahun 2015 belum saya masukkan…

    Terimakasih. ANITA

  28. malem mba Farah… saya sudah tidak kerja lagi sejak 2015 , selama saya bekerja perusaan saya selalu melapor spt saya.waktu saya lapor SPT Pribadi 2015 saya ikut pembetulan daftar harta ,tetapi saya lupa mencantumkan uang tunai / deposito di bank ..
    nah pertanyaan saya apakah saya musti bagaimana ya ?

  29. satu lagi nih mba.. sekarang saya tidak bekerja penghasilan uang dari suami, suami WNA dan tidak berkerja di Indonesia . tapi suami ada masukin uang ke rekening saya di indonesia.. apa yg saya musti lakukan pas saya lapor SPT pribadi 2016 ?

  30. Malam Mbak Fara.saya dan suami baru merintis buka usaha.lalu mau buat npwp ternyata suami sebelum nikah sudah perna dibuatkan teman thn 2002 di sukabumi .saya baru punya rumah thn 2016 itupun kridit,mobil 1dan motor 1.apakah saya harus ikut TA?sedangkan kalau mau ikut TA harus buat surat pindah dulu katanya baru bisa .saya sudah kesukabumi buat surat pindah katanya 5 hari kerja .tapi ini sudah sebulan tapi saya cek di jakarta belum bisa ikut TA.gimana menurut mbak.apa yg harus saya lakukan sedangkan TA ditutup 31 maret ini.Sebelumnya terima kasih atas jawabannya

  31. Malam mba, saya masih bingunh harus ikut ta atau pembetulan spt ya?
    Selama 3thn lebih ini saya menerusi usaha ortu, dulunya sbg karyawan biasa. Saya sudah lapor spt pph. Alm ayah meninggalkan harta berupa rumah, tanah, mobil dan motor tetapi semuanya belum dibagi masih atas nama alm ayah. Dan tahun 2015 saya beli tanah dr uang kongsian saudara yg sudah tidak bekerja, dari kasus diatas saya harus ikut ta atau pembetulan spt saja ya?

  32. Alo mbak.
    Mohon sarannya.
    1. Untuk toko, yg dimaksud “penghasilan” apakah omzet penjualan atau keuntungan
    2. Penghasilan toko (milik istri) belum pernah dilaporkan.
    Apakah perlu ikut Tax Amnesty atau pembetulan SPT suami (saya karyawan)
    3. Bila ikut Tax Amnesty, apakah ada kewajiban menebus/membayar semua pajak yg seharusnya dibayar dari usaha toko selama ini.
    Terimakasih

  33. hallo mbak..sy mau tanya
    sy daftar pajak th.2012..dan tahun 2015 ambil rumah kpr bersubsidi dan skrng blm lapor pajak..penghasilan setahun kurang dari 54jt..apakah cukup isi pembetulan spt aja .
    makasih mbak

  34. Hallo malam Mbak Farah,,,

    saya lagi bingung juga nih,,, saya punya npwp 2013 tapi ga pernah lapor. karena ga pernah ngerti cara isi lapor nya.
    saya dapat hibah warisan dari ortu, berupa perhiasan,, lalu saya jual sesudah ortu meninggal kemudian membeli apartement untuk tinggal saya, dengan pembayaran kontan bertahap. karena saya beli dari tangan ke dua,, lalu saya terus kan cicilan nya selama 2thn..
    lalu belom lama saya dapat surat pajak, katanya cicilan saya itu di indikasi kan penghasilan yg belom terlapor , karena sebulan cicil 12 jt..
    saya klarifikasi kan datang kantor kpp, dan buat surat klo saya beli apartemen dari hasil penjualan perhiasan ortu.

    dan saya baru buka berkas surat rumah orang tua,,, orang tua saya memberi kan rumah atas nama saya langsung sertifikat jg atas nama saya itu pembelian baru saya liat sekitar tahun 1987…klo saya lapor di pembetulan spt apa saya akan kena denda ?.
    secara rumah itu udah langsung nama saya, dan bpk saya beli itu di waktu saya masih sekolah SMA

    makasih mbak atas saran dan advis nya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *