Sukuk Tabungan??Instrumen apa lagi itu?

Hello ladies,

You may have heard about SUKUK or SUKUK RITEL

but what about Sukuk Tabungan?

Never heard of it? well, probably because its a totally new financial instrument

Let me share some information about Sukuk Negara Tabungan or for short ST-001

Sukuk itu adalah bahasa arab yang digunakan untuk menyebut obligasi yang berdasarkan prinsip syariah. Kalau konvensional, kita lebih mengenalnya dengan sebutan ORI (obligasi ritel Indonesia). Apa bedanya sukuk ritel (sukri) yang biasa di jual oleh pemerintah selama ini dengan sukuk tabungan?

Everything is totally the same ,except for few things :

1.SUKRI jatuh temponya 3 tahun sedangkan Sukuk Tabungan 2 tahun

2. SUKRI bisa diperjual belikan sebelum jatuh tempo sedangkan Sukuk Tabungan tidak bisa tetapi memiliki sistem early redemption.

Maksudnya gimana?

Jadi kalau kamu punya sukuk ritel, terus tiba – tiba belum nyampe jatuh tempo kamu butuh duitnya, kamu bisa jual di pasar sekunder melalui tempat kamu membeli sukuk tersebut. Kalau kamu jual ketika si Sukuk harganya lagi naik, maka kamu bisa dapat capital gain (kenaikan atas modal). Kamu juga bisa mencairkan keseluruhan dana yang kamu punya.

Sedangkan sukuk tabungan, ga bisa diperjualbelikan tetapi ada early redemption yang mana kamu jual kembali kepada pemerintah. Early redemption untuk sukuk tabungan adalah 1 tahun atau setelah pembayaran imbalan ke 12. Jadi kalau sebelum atau sesudah itu ngga bisa. Early redemption dilakukan di tempat kamu beli ST. However ada persyaratan yang harus diperhatikan

  1. Permohonan Early redemption berlaku hanya dari tanggal 18 – 28 Agustus 2017 (terakhir pukul 10.00 WIB)
  2. Minimum pencairan adalah Rp.2jt atau maksimum 50% dari modal kamu. Jadi kalau kamu investnya Rp.10jt, maka kamu cuma bisa cairin Rp.5jt. Kalau modal kamu 2jt, kamu ga bisa cairin sama sekali soalnya minimumnya kan 2jt.

3. SUKRI minimum pembelian Rp.5jt dan kelipatannya, sedangkan Sukuk Tabungan Rp.2jt dan kelipatannya . Untuk maksimum pembelian, sama yaitu Rp.5Milyar

ST – 001 ini minimum pembeliannya lebih kecil daripada SUKRI. Otomatis, lebih ritel lagi dan bisa untuk berbagai kalangan. Bayangin aja ya kalau SUKRI aja yang Rp.5jt minimumnya bisa waiting list dan over kuota, apalagi kalau cuma Rp.2jt , makanya mending kalau memang ada tujuan keuangan yang 2 thn dan ingin return lebih besar dari deposito, bisa consider untuk investasi di ST-001 ini.

Keuntungan invest di ST – 001 apa ?

  1. Modal yang relatif kecil yaitu Rp.2jt (gonta ganti gadget bisa kan? masa 2jt aja ga bisa diusahain)
  2. Imbal hasil lebih tinggi di atas deposito dengan pajak lebih kecil. Pajak depo 20%, pajak ST-001 15 (ini ngaruh banget bok ke return)
  3. ST-001 dikeluarkan untuk modal pemerintah buat pembangunan infrastruktur dll. So by being ST-001 investor, we are also play a part in contributing to the development of our country #hasyekk #nasionalisceritanya
  4. Ada jaminan dari pemerintah berupa aset daerah (underlying asset bahasa kerennya) jika ada resiko default atau gagal bayar. Kalaupun asetnya rusak, akan segera di cari penggantinya.
  5. Modal seluruhnya akan kembali ketika jatuh tempo. 2 tahun itu ga lama lah ya. Sabar aja ga perlu pake acara cairin segala. Lumayan loh dapat tambahan penghasilan setiap bulan selama 2 tahun.
  6. Nah kamu bakal dapat tuh bagi hasil setiap bulannya dengan fixed rate. Untuk berapa percent returnnya baru akan diumumin nanti tanggal 19 Agustus.

Resiko invest di ST-001 apa?

  1. Dari segi likuiditas, jelas kamu baru bisa cairin setelah satu tahun kemudian itu pun hanya 50% dari  modal saja atau min.2jt. I dont think it should be a problem, shouldnt it?
  2. Ketika suku bunga berubah dan ternyata ada instrumen investasi lain yang bisa menawarkan return lebih menggiurkan karena perubahan tersebut, maka kamu ga bisa switch begitu aja dari ST-001 ke instrumen lainnya karena ada peraturan 2 tahun dan early redemption tsb. But then again, believe me 2 tahun itu ngga lama, lagian kalau ada tawaran yang lebih menggiurkan biasanya untuk investasi dengan jangka waktu yang lebih lama. instrumen untuk tujuan jangka pendek (0-3 tahun) mah ga banyak paling juga gap perbedaan returnnya ga gede – gede amat.  Mau cari instrumen yang di jamin pemerintah untuk tujuan jangka pendek, ya ST-001 ini. #BukanEndorsanSis

Proses pembeliannya gimana ?

Ok, yang namanya obligasi, dari ORI, SUKUK, SBR, sampe Sukuk Tabungan ini , mereka semua ada masa penawaran.

Masa penawarannya adalah dari tanggal 22 Agustus 2016 – 2 September 2016

So far dari informasi yang gw dapat, ST-001 ini hanya ditawarkan oleh 26 agen penjual, yaitu 20 bank dan 6 sekuritas. Coba tanya aja ke bank kalian.

Syarat : cukup bawa KTP saja (dan punya duit min 2jt pastinya)

Tanggal 5 Sept, adalah penjatahan . Jadi bakal ketauan siapa yang akan dapat si ST-001 ini

Tanggal 8 Sept, adalah pengembalian dana buat kalian yang ngga dapat jatah . Dana kembali maksimum 3 hari kerja setelah penjatahan.

Tanggal 19 Sept, konfirmasi kepemilikan.

So, punya tujuan keuangan dengan time frame 2 tahun?? pesan segera produk ini dan ikut serta dalam pembangunan negara

Imbal hasil yang diberikan adalah 6.9% per tahun

 

Lots of love

Dini

PS : the information and photo are gathered from Kemenkeu.go.id

Pic source : Facebook Indonesia Stock Exchange

For more information or any questions which are financially related, do follow instagram : @janus.id or facebook page : Janus ID

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *