Ngapain sih Ikutan Tax Amnesty ???

2 minggu terakhir ini gw banyak kena “omel” para emak – emak. Mereka sih ngga ngomelin gw,yang mereka omelin tax amnesty yang lagi heboh banget itu, tapi ngomelnya sama gw *sodorin orang pajak*

“Ngapain sih harus ikut tax amnesty segala, gw kira cuma buat orang – orang yang punya duit banyak di luar negri”

“Duuh harta gw kan ga sebanyak orang-orang diluar sana ngapain sih dipermasalahin. Gw kan udah bayar pajak PBB,STNK,Deposito gw udah kena pajak final, saham gw juga, semuanya kan udah bayar pajaak, ngapain sih harus lapor lapor segala!!!”

“Ini kan saham gw dari hasil kerja keras gw nabung setiap bulan, eeeeh sekarang malah di suruh pake bayar segala gara – gara ga ngelapor, ga rela gw sebel”

*2% itu gede makkkkkk,beneran gw harus bayar segitu banyakkk??dooooohhh” *SambilMukulLenganGwGemes* #SalahDiniApaYaAllah

“biaya tebusannya bisa buat liburan akhir tahun cynnn”

Kayanya komen di atas udah template banget, setiap emak – emak yang nanya2 tentang tax amnesty ke gw pasti ngomong hal yang sama.

Ternyata masih banyak yang mengira program tax amnesty (TA) ini hanya untuk orang yang punya dana di luar negri jadi ketika mereka dikasih tau kalau semua wajib pajak yang missed dalam pelaporan harta di spt tahunannya harus ikut (TA), para emak – emak tadi pun jadi panik banget.

“Ya ampun tanah gw, properti gw, reksadana gw, saham gw, deposito gw”

LAAAAAH BANYAAAK AMATT MAAAAK!!

Tax amnesty apaan sih?

TA = pengampunan pajak oleh pemerintah. Jadi kalau kamu punya harta yang ngga di laporin ber tahun – tahun sampai per tanggal 31 Desember 2015 (mundur 30 tahun ke belakang ), maka sekarang waktunya untuk penebusan dosa.

Siapa yang harus ngelapor ?

Semua wajib pajak orang pribadi dan badan, yang berNPWP. Kalau belum punya NPWP, harus daftar dulu baru bisa ikut TA.

Kenapa gw harus ngelapor ? gw kan udah bayar pajak 

contoh : Mba Marlina bayar utang ke mba Yayat. Sudah ditransfer nih utangnya. Ya udah dia ngga ngabarin ke Mba Yayat kalau doi sudah transfer. Mbar Marlina mikirnya yang penting gw udah bayar, ngapain perlu repot-repot lagi laporan. Kan tinggal ngecek aja transferan gw udah masuk apa belom.

Nah bayangin kalau yang ngutang sama mba Yayat itu ternyata buanyaaak banget. Sampe ga ke-trace siapa aja yang udah bayar utangnya . Gimana mba Yayat tau kalau mba Marlina udah bayar utang kalau ga ada laporan. Sama aja gimana negara tauk kalau kamu sudah bayar pajak jika ga ada laporan dari kamu. Itu gunanya SPT. Apa susahnya sih kirim WA bukti transfer just like apa susahnya sih ngelapor SPT online selama ini. SPT itu cuma untuk informasi aja kok kalau kamu sudah melakukan pembayaran pajak setiap tahun.

Ada 4 possibilities kenapa orang ngga mau lapor SPT atau lapor SPT tapi ngga ngereport semua hartanya

  1. Ngga ngerti dan ngga mau cari tau juga karena merasa ga penting-penting amat
  2. Ngga mau repot
  3. Memang niatnya ga mau bayar pajak harta – hartanya jadi buat apa ngelapor
  4. Mikirnya “ngapain gw bayar pajak, yang nikmatin juga para koruptor itu”

penting ga sih bayar pajak ??

Pajak itu yang ngebiayain negara kita. Biaya pembangunan, gaji PNS, gaji para polisi, gaji tentara, presiden, mentri, MPR,DPR,Gubernur, subsidi BPJS, subsidi sekolah, panti – panti sosial dan masih banyak lagi.

Ketika kamu menolak membayar pajak, sebenarnya kamu ngga bisa complain kalau negara ini ga sesuai expectacy kamu.

Ketika kamu bayar pajak kamu berhak marah marah kalau ada yang salah dengan Indonesia. Jangan demo ini itu menuntut perubahan tapi kamu sendiri ga ada kontribusi untuk negri. *gitu sih kasarnya*

“males bayar pajak karena nanti hanya akan dinikmati para koruptor?”

Ketika semua warga Indonesia berpikiran seperti itu, ya negara kita ga akan maju maju donk. Koruptor itu hanya oknum saja. Jangan karena mereka kamu lose hope dan ngga mau membantu membangun negri.

Back to Tax Amnesty!

Kalau gw menolak bayar tebusan di periode tax amnesty ini efeknya apa?

Harta tambahan yang ngga dilaporkan sampai masa TA ini berakhir, nantinya akan diperlakukan sebagai tambahan penghasilan pada saat ditemukan dan dikenai pajak dan sanksi administrasi sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

Contoh :

Tahun 2015, Gaji kamu Rp.120jt / tahun Kamu punya harta rumah seharga Rp.2M dan mobil seharga 450jt. tetapi di SPT, kamu hanya melaporkan penghasilan dari tempat kamu bekerja tanpa melaporkan harta yang kamu punya.

Penghasilan tidak kena pajak (PTKP) = Rp.54jt (asumsi single dan tidak ada tanggungan, kalau ada tanggungan, per tanggungan tinggal tambah 4,5jt each)

Penghasilan kena pajak (PKP) = Rp.120jt – Rp.54jt = Rp.66jt

Tarif PPh

5% X 50jt = Rp.2,5 jt

15% x 16jt = Rp.2,4 jt

Pajak yang harus dibayar = Rp.4,9jt (PPh yang sudah dibayar pemberi kerja,which is sudah dipotong)

Ketika kamu sudah mengakui rumah dan mobil kamu ketika TA, maka nanti kamu bayarnya

periode juli s.d september 2016 Rp.2,450,000,000.- X 2% = Rp.49jt

periode oktober s.d desember 2016 Rp. 2,450,000,000.- X 3% = Rp. 73,5jt

periode januari s.d maret 2017 Rp. 2,450,000,000.- X 5% = Rp. 122.5jt

(harga tebus yang bikin kamu tenang dan ga akan diusik – usik, makanya cepetann sebelum bulan Okt bayarnya kalau ngga mau biayanya tambah gede)

Kalau kamu ngga ikut TA dan memiliki harta yang ngga diungkapkan yang atas nama kamu pribadi (walaupun cuma pinjam nama) dan ga bisa buktiin dapetin harta itu darimana kemudian sama orang DJP DITEMUKAN pada tahun 2018, maka hitungannya adalah sbb *siap siap tarik napas* TADAAAAA……

Rumah dan mobil seharga Rp.2.450M hitungannya diperlakukan sebagai penghasilan

Rp.2,570,000,000 (harta + penghasilan per thn) – Rp.54jt (PTKP) = Rp.2,516,000,000,-

Pajak yang harus dibayar (Tarif progresif)

5% X 50jt = 2,5jt

15% X 200jt = 30jt

25% x 250jt = 62,5jt

30% X 2.066M = 604.8jt

TOTAL YANG HARUS DIBAYAR = Rp.699.800.000,-

Rp.699.800.000 – Rp.4.9jt (karena sudah dibyr pemberi kerja) = Rp.694,900,000 (ya ampun bisa DP beli rumah lagi)

eits masih belum selesai cuy, ini masih ditambah sanksi 2%X jumlah bulan ditemukan oleh DJP X Jumlah yang terutang

jadi 2% X 24 bulan X Rp. 694.900.000.- = Rp. 335.904.000.- (sanksinya doank)

total yang harus dibayar Rp. 699.800.000.- + Rp. 335.904.000.- = Rp. 1.030.804.000.- (yang ini bisa beli apartemen 2 kamar)

Kalau kamu sudah ikut TA tapi ketauan ada harta yang ngga diungkapkan maka harta tersebut akan diperlakukan sebagai penghasilan pada saat ditemukan dan dikenakan pajak sesuai dengan UU PPh + sanski biaya administrasi kenaikan 200% dari PPh yang tidak atau kurang dibayar.

Misal Rumah ikut TA tapi ternyata mobil belum dilaporkan

Jadi harga mobil Rp.450,000,000.-

Penghasilan per tahun 120jt

So, 450 + 120 = 570jt

570jt – 54jt = 516jt

Pajak yang harus dibayar

5% X 50jt = 2,5jt

15% x 200jt = 30jt

25% X 250jt = 62,5jt

30% X 16jt =4,8jt

Total = 99,8jt

99.8jt – 4.9jt = 94.9jt

94.9jt +  (sanksi 200% x pokok)

94.9jt + (200% X 99,8) = 294.5jt

Dapat mobil lagi deh satu !!!

Sadis ??? Emanggggg….makanya mending ngelapor aja deh daripada kamu bayar mahal – mahal di kemudian hari. Sekarang itu semua informasi dari berbagai pihak sudah terintegrasi makanya dibilang there is no place to hide. They will hunting you down hiiiii…

Sesuai dengan slogannya TA = Ungkap, Tebus, Lega !

Untuk informasi lebih lanjut, gimana cara pembayarannya, cara ngitungnya, dan mekanisme lainnya bisa lihat di http://pajak.go.id/amnestipajak

Selamat menebus dosa lama ladies,

Lots of Love,

Dini

Credit to : Thanks untuk Mba Marlina dan Pak Nizar, orang Finance dan Tax Consultant Janus yang ngebantu untuk hitungan – hitungan rempong di atas dan informasi mengenai tax amnesty ini.

Follow Instagram : @janus.id untuk info2 seputar perencanaan keuangan 🙂

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

98 Comments on “Ngapain sih Ikutan Tax Amnesty ???”

  1. Maaf y saiii… sbnrnya msh gak mudeng y… cm klu pngen tanya2 mslh TA itu lgsg dtg kktor pajak gt y?
    Kdg2 pngen dtgi kantor pajak…tp bgtu liat antrian nya yg wowwww…jd mundur teratur deh…
    Biasae ngisi spt jg, tp krn bahasa nya susah dpahami orang awam jd jujur ngawur2 dikit ngisinya sambil tanya kanan kiri… kdg2 minta tlg teman yg bendahara dkantor ngisi’kan…cm gak tau bener apa nggak nya…

    1. Hai Mba Rahmi,

      haha hitungannya emang bikin mumet yah…kalau soal TA bisa tanya2 ke help desk kantor pajak terdekat 🙂 antrian sekarang emang lagi panjang banget karena pada banyak yang ngelapor. Tanya aja mbak disana selengkap – lengkapnya supaya besok besok ga ada yang kelewat lagi dalam pelaporan harta.

  2. Mba DIni, boleh tanya yah. Kalau saya punya mobil, sudah lunas terbayar & STNK juga selalu dibayarkan, tapi selama ini lupa dilaporkan dalam SPT, apakah saya harus ikut TA? Masa hanya karena lupa melaporkan mobil tersebut, saya jadi seperti ‘didenda’ 2%? padahal kan STNK selalu dibayar. Kalau saya hanya melakukan pembetulan SPT 2015, apakah ada potensi bahwa Pph yg sudah saya bayarkan di 2015 jadi dianggap kurang dll? Menurut mba, mana alternatif yang lebih aman dari sisi jumlah uang yang musti saya bayarkan? Tks banyak

  3. Mbak Dini boleh info ya. Saya ibu rumah tangga, tidak memiliki npwp. Saya punya tabungan atas nama saya sendiri (bukan deposito). Uang itu saya tabung dari penghasilan suami yang setiap thn pasti membuat laporan spt untuk aset dll atas nama suami.

    Pertanyaan saya, apakan tabungan atas nama saya juga harus di laporkan?.

    Terima kasih

  4. Halo mbak Farah Dini,
    Yang belum terjawab adalah kenapa kita harus bayar 2% tebusan dari total harta yang belum terlapor itu ya? Atas dasar apa pemerintah melakukan pungli tersebut..
    Kan peraturan tidak bisa berlaku surut, sepengetahuan saya dulu aturannya kalau tidak lapor SPT akan di denda 200rb saja
    Terimakasih

    1. Hai Mas Erwin,

      Ok jadi gini mas tax amnesty ini kan dibuat untuk mengakomordir para wajib pajak yang tidak melaporkan hartanya selama ini. Kalau penghasilan kan sudah jelas untuk karyawan terutama di potong sama pemberi kerja, tetapi penghasilan tersebut pasti dibeliin sesuatu kan seperti aset-aset. Nah aset ini wajib banget dilaporkan even though kita sudah bayar pajaknya setiap tahun. Kalau misalnya kita ga pernah lapor pajak, maka jika ditemukan suatu saat nanti kita punya aset , maka itu bisa jadi diperlakukan sebagai penghasilan tambahan, yang mana pajaknya lebih besar kan. Dengan tax amnesty ini dikasih keringanan dengan diberikan hanya 2% saja dibandingkan kita nanti ketauan terus harus bayar harta kita dengan pajak penghasilan. Dengan bayar 2% ini kita melaporkan harta kita berdasarkan itikad baik, dan semua muanya akan menjadi lebih clear dan tidak dipertanyakan lagi kedepannya.

      Untuk 200rb (100rb sih sebenarnya), itu adalah ketika kita telat lapornya dari tanggal 31 Maret, bukan karena kita sengaja tidak lapor/niat tidak mau melapor. berbeda mas. Untuk harta yang tidak dilaporkan dan ketika ketauan akan dikenakan pajak selayaknya penghasilan itu sudah ada di UU.

      Thats what tax amnesty is for! untuk meringankan beban 🙂

  5. Dear mbak Farah
    “Untuk harta yang tidak dilaporkan dan ketika ketauan akan dikenakan pajak selayaknya penghasilan itu sudah ada di UU.”

    Apakah sudah ada UU yang mengatur ini sebelum UU tax amnesty ya?

    Thankss
    🙂

    1. Hi mas Erwin,

      UU nomor 11 tahun 2016 ttg pengampunan pajak dan yang diatur dalam PMK 118 tahun 2016 pasal 43 dan 44. Pasal 43 dan 44 itu ada d PMK ya peraturan menteri keuangan .

      Kalau sebelum TA , peraturan umumnya yaitu setiap wajib pajak kewajibannya melaporkan penghasilan dan harta, dikenakan PPh krn asumsi bila wajib pajak tdk dapat membuktikan penghasilan utk membeli harta di maksud. Ini dilakukan dalam proses penelitian. Sepanjang penghasilan atas pembelian harta tersebut sdh dilaporkan maka tdk perlu dikenakan pajak lagi mas.

  6. Halo Mba Farah,

    “Nah aset ini wajib banget dilaporkan even though kita sudah bayar pajaknya setiap tahun. Kalau misalnya kita ga pernah lapor pajak, maka ditemukan suatu saat nanti aset kita menumpuk banyak, maka itu akan diperlakukan sebagai penghasilan tambahan, yang mana pajaknya lebih besar kan.”

    Dari jawaban mba disebutkan kalau aset kita menumpuk banyak, sementara jika seperti orang tua saya yg hanya punya 1 rumah. Apakah rumah tersebut harus dikenakan tax 2%?

    dan saya sendiri mempunyai 1 mobil dan 1 motor yg saya dapat dr gaji saya tiap bulan. Apakah ini juga dikenakan tax 2%, sementara Pajak Kendaraan selalu dibayar setiap tahunnya.

    Bisa tidak ya kalau kasus seperti saya ini ikut Amnesti hanya untuk melaporkan harta kekayaan tanpa harus bayar uang tebusan?

    Terima Kasih.. 🙂

    1. Haiii…

      Ok jadi ketika penghasilan kita selama ini selalu bayar pajaknya, ada bukti potongnya dari kantor, dan bisa nunjukin kita beli aset2 itu dari sumber yang mana, maka kita bisa coba lakukan pembetulan SPT.

      1. Alhamdulillah setiap tahun lapor SPT, hanya saja tidak mengisi formulir harta kekayaan mba (akibat ketakukan akan ada kurang bayar akibat harta) hehhehee

        terima kasih banyak ya mba infonya…

        1. Hai Dify,

          Tolong reconfirm lagi aja ya ke kantor pajak, karena ada dua opsi :
          1. Pembetulan pajak dengan tidak bayar tebusan tetapi tidak ada jaminan nanti kedepannya tidak di ulik ulik lagi harta kita
          2. Ikut TA dan ada jaminan semua harta yang kita dapat 30 tahun mundur tidak akan di pertanyakan sama sekali kedepannya.

  7. Hi Mba Farah… Trims sudah repot2 nulis artikel panjang tentang TA dan sharing pengetahuan sama para awam yg lemah dan rentan penindasan ini :(((

    Saya mohon tanya mba: saya adalah karyawan dg sumber penghasilan sejak dulu cuma gaji yg juga selalu dipotong PPh sejujur2nya. Tapi selama ini saya tidak pernah melaporkan jumlah tabungan dan reksa dana (semua di dalam negeri dan pastinya dipotong pajak). Alasannya karena dulu ada konsultan bilang harta itu sifatnya cuma lampiran, jadi optional aja. Saya pikir kalo optional ya ga mau repot2. Jadi harta yg saya laporkan hanya mobil dan rumah.

    – Apa saya perlu khawatir ketahuan tidak ikut TA? Ibarat kata saya hanyalah plankton kalo dibandingkan para hiu koruptor yang hartanya triliunan itu masa iya bisa ketahuan. Plus AEoI itu kan untuk dana yg di luar negeri, bukankah di dalam negeri ada UU kerahasiaan perbankan?

    – Ada yg bilang sebaiknya saya revisi saja SPT saya. Lah SPT dari kapan yg perlu saya revisi ya? Dan apakah nanti malah jadi diinvestigasi? Saya takut revisi di jaman heboh TA ini malah nanti saya dikerjai dan bayar denda/tebusan yg engga2.

    – Nilai perolehan rumah yg saya tulis di SPT selama ini adalah NJOP pada saat tahun beli (berbeda dari harga transaksi dan lebih rendah dari KPR yg saya ambil), apakah saya salah lagi dalam hal ini? (Takutnya ini dipermasalahkan saat investigasi, padahal ya tau sendiri jaman dulu semua orang including notaris juga selalu bilangnya bayar pajak sesuai harga NJOP aja)

    1. Dear Mba Ellen,

      Kemarin saya diskusi dengan tim pajak dan memang di lapangan masih riweh pro dan cons untuk TA ini

      Bisa saja dilakukan pembetulan SPT tanpa bayar tebusan, tetapi tidak ada jaminan harta kita ngga akan diulik ulik lagi, dengan ikut TA ini maka dikasih jaminan harta yang kita peroleh dari 2015 – 1985 tidak akan dipertanyakan dan dianggap all clear. Jadi opsi kembali ke kita.

      Supaya ga ketemu oknum yang aneh – aneh, silahkan baca seluruh prosedur di website kemenkeu.go.id sehingga kalau ada yang nyuruh bayar diluar peraturan tertulis ibu bisa kasih lihat source nya.

      Untuk perolehan rumah ditulis secara NJOP gpp bu, should be no problem sih menurut saya. Sudah bagus kan ibu melapor jujur hartanya.

      Nah untuk jumlah tabungan dan reksadana ini, jika jumlahnya cukup signifikan maka lebih baik ikut TA, supaya kedepannya ga diribetkan lagi dengan pertanyaan-pertanyaan asal muasal harta tersebut.

      But then again, decision is in your hand. Coba aja ibu tanya-tanya ke kantor pajak untuk lebih clear lagi.

    2. Dear mba farah,

      sy ibu rmh tangga, suami sdh pensiun skrg umur suami 71thn. sejak pensiun suami tdk pernah buat lap spt, smntra rmh atas nama sy dan mobil an suami. Kami tdk punya penghasilan..hanya memakai uang tab dan deposito yg smakin menipis krn dipakai utk kep sehari hari.

      Apakah suami hrs ikut TA? mengingat kami punya rmh dan mobil jg sisa tab yg ada.
      Mohon saran dan arahan dari mba Farah, terus terang sy bingung krn sm sekali tdk mengerti cara membuat laporan.

      Mohon dijawab ya mba, sy tunggu…banyak terimakasih.

      Salam,
      Yayuk

      1. Pensiunan di kecualikan untuk ikut TA. Cukup pembetulan SPT aja. Selama masih punya NPWP wajib melapor untuk SPT nya . Step lebih jelasnya bisa tanya di help desk kantor pajak aja mba yayuk 🙂

  8. Makasih mbak Farah Dini, 🙂
    Itu masalahnya mbak.. kenapa peraturan tebusan baru muncul di UU 2016 dan berlaku surut?
    Ya saya paham yang mbak jelaskan bahwa kalau tidak bayar 2% sekarang akan bayar lebih besar kemudian hari..itu karena aturan baru ini
    Tapi toh itu tidak menjelaskan kenapa jika tidak melaporkan harta di SPT sebelumnya dikenakan denda tebusan 2% ,aturan dari mana itu? Lalu kenapa 2% ,itungan dari mana itu kenapa tidak.. katakan 5%, 10%, 15% atau mungkin 1% dst..
    Aset memang wajib banget dilaporkan even though kita sudah bayar pajaknya.. tapi dari awal peraturan tidak pernah dijelaskan apa sanksi bagi yang melanggar nya..
    Kalau menurut saya sih ini bukan system tax amnesty yang benar, kalau memang mau mengakomodir para wajib pajak yang belum melaporkan hartanya..ya tax amnesty kasih kesempatan untuk silahkan laporkan harta dengan benar (tentu tanpa pungli tebusan tsb)
    Kemudian terbitkan aturan yang berlaku kedepan (bukan berlaku surut) bahwa misalkan per tahun 2017 harta yang tidak dilaporkan akan dikenakan tarif 2% jika ketahuan
    Menurut saya sih ini cuma akal2an pemerintah cari uang sebanyak2nya saja, benar2 menyedihkan ya pemerintah sekarang..pantesan pada malas bayar pajak karena tidak ada kepastian hukum
    Makasih mba.. 🙂

  9. Bak. Sy mau tanya ni sebelum nya sy karywan baru buat npwp. Blm prnh lapor spt harta. Sy punya tabungan. Dari hasil kerja selama ini apa mesti ikut amnesty? Terus pasal mana yg mesti kita ikut.

  10. mbak. sy mau tanya. sy karyawan swasta, punya npwp udh 3 tahun tp ga pernah lapor SPT karena ga tau sm sekali ada kewajiban buat laporan.

    1. mbak. sy mau tanya boleh ya. sy karyawan swasta, punya npwp udh 3 tahun tp ga pernah lapor SPT karena ga tau sm sekali ada kewajiban buat laporan gitu. trs bbrp hari yg lalu baru dicek di kantor pajak. ketahuan lah blm pernah buat laporan, untungnya diminta cuma buat yg 2015 aja sm petugasnya. kalau dr gaji sy ga dipotong pajak karna masuk PTKP, jadi lapornya nihil. terus ditanya2 ttg harta kebetulan yg ada itu kendaraan dan sedikit deposito per 2015, nah deposito yg sy punya ini, sy peroleh dr bisnis online yg sy jalankan, dan dr perusahaannya (bisnis ini), sebelum bonus kita ditransfer ke rekening kita, itu sdh dipotong pajak terlebih dulu.
      pertanyaan sy:
      1. apa itu bisa sy muat di laporan SPT dengan melampirkan bukti potong pajaknya?
      2. kendaraan yg sy punya sy beli dari hasil gaji sy. apa itu bisa dilaporkan ke SPT tsb? (catatan: SPT baru mau dibuat, bukan pembetulan)
      kendala yg sy temui, sy dpt petunjuk yg beda dr bbrp konsultan pajak.
      ada yg bilang bisa dimasukan di SPT 2015 yg baru mau dibuat ini sementara ada jg yg bilang sy harus ikut TA.
      semoga mbak bisa beri pencerahan buat sy.
      rencana sy memang mau ikut TA tapi khusus untuk usaha sampingan saya (toko kecil)

      1. Hello mba Novi,

        Ngga perlu ikut TA cukup pembetulan SPT toh ada bukti potong gajinya jelas

        Selama harta yang dibeli jelas sumbernya dari mana, tinggal dibenerin aja SPT nya 🙂

  11. Tanya mbak. Saya lapor spt 2015 wkt kerja di bank dgn gaji 5.5 jt. Trus juni 2016 resign. Kena brp % kalo ikut TA?
    Fyi saya udah nikah dan belum ada anak.

  12. Hai kak Farah, design blog nya sangat bagus sekali, saya suka.
    dan saya ingin bertanya kak mengenai TA. saya adalah seorang mahasiswa yang belum berpenghasilan tetapi saya memiliki sebuah mobil yang merupakan pemberian orangtua. apakah mobil yang saya miliki termasuk harta yang mewajibkan saya untuk mengikuti TA?
    Terimakasih kak 🙂

  13. Mbak, klo punya reksadana harus ikut TA atau revisi SPT saja?
    Saya soalnya baru mulai, baru mau 2thn, jd rada2 nyesel kok jadi ribet ya ha3

    Terus klo pensiunan penghasilan < 4.5jt/bulan, tapi ortu saya punya mobil dan rumah, harus revisi SPT saja cukup kah? selalu bayar pajak kok
    Tapi krn formnya yang SS (bdsrkan penghasilan), gimana ya?

    Trims mbak

    1. Hello Ayu,

      Ngga ribet kokkk…
      kalau ada reksadana cukup pembetulan SPT aja .

      Selama selalu bayar pajak dan harta2 yang dibeli jelas asalnya dari mana (dr penghasilan) cukup pembetulan SPT

  14. Dear mba farah,

    sy ibu rmh tangga, suami sdh pensiun skrg umur suami 71thn. sejak pensiun suami tdk pernah buat lap spt, smntra rmh atas nama sy dan mobil an suami. Kami tdk punya penghasilan..hanya memakai uang tab dan deposito yg smakin menipis krn dipakai utk kep sehari hari.

    Apakah suami hrs ikut TA? mengingat kami punya rmh dan mobil jg sisa tab yg ada.
    Mohon saran dan arahan dari mba Farah, terus terang sy bingung krn sm sekali tdk mengerti cara membuat laporan.

    Mohon dijawab ya mba, sy tunggu…banyak terimakasih.

    Salam,
    Yayuk

  15. Ohiya mba 1 lagi, bgmn bila dulu sy punya rmh ttp sdh dijual thn 2011, apakah hrs dilaporkan juga? Mengingat suami sy tdk pernah buat laporan sejak pensiun, krn menurut kami toh kami sdh tdk punya penghasilan..hanya memakai uang tabungan sejak suami msh bekerja.
    Tks mba farah.
    Kami tunggu arahannya

    Yayuk

  16. Mbak Farah,
    Kalo melihat analoginya mbak Farah dalam penjelasan TA di atas, yaitu dengan urusan hutang piutang dengan segitu banyaknya relasi, maka dapat diartikan negara ini seolah2 tidak memiliki sistem yang terintregasi dalam penerimaaan pajak dari WP. Saya bilang spt ini karena pajak2 yang telah dibayar saat terjadi transaksi jual beli asset tidak dpt diketahui oleh Kantor Pajak RI, yang dinilai sangat riskan bagi negara karena ada kemungkinan terjadi tidak terpungutnya pajak dari WP dan WaPu, atau kebocoran lainnya.
    Atas hal tsb, maka Kantor Pajak menetapkan TA untuk mengambil langkah awal yang termudah guna menghimpun data asset dari WP dan diberikan ancaman denda pada asset yang belum dilaporkan tsb (namun anehnya juga diiming2i bahwa denda tsb jauh lebih murah daripada tidak melaporkan sama sekali).
    Yang menjadi pertanyaan umum dari WP adalah untuk apa lagi bayar denda2 tsb sedangkan pajak2 yang terkait telah dibayarkan sebelum2nya? Apakah ini siasat dari Kantor Pajak untuk memperoleh penerimaan negara dari laporan TA tsb? Bagaimana dengan biaya/beban yang telah dibayar WP atas perolehan aset tsb sebelumnya?
    Alangkah tidak adilnya jika WP dibebankan lebih dari sekali atas aset yang dimilikinya tsb. Mengapa Kantor Pajak tidak melakukan verifikasi ulang atas kewajaran perolehan aset tsb berdasarkan laporan SPT PPh yang disampaikan WP tiap tahun? Ini kan mau ambil jalan enaknya saja dan juga cara cepat, yaitu WP lapor dan negara memperoleh penerimaan dari denda TA.
    Suatu bukti nyata bahwa kelemahan sistem penerimaan negara dari pajak yang tidak terintegrasi dgn baik (sehingga berpotensi terciptanya korupsi, maipulasi dst), yang harus dibebankan ke rakyat lagi di dalam krisis ekonomi saat ini.

    1. Hello Pak Harry,

      Saya sudah menulis article lagi mengenai tax amnesty ini.

      Jadi tidak semua harus ikut TA, cukup pembetulan SPT saja.

      Selama jelas harta – harta yang dimiliki sumbernya dari mana dan ada bukti potongnya 🙂

      Silahkan cek article “Ikut TA atau Pembetulan SPT” ya

  17. Saya telah melaporkan SPT th 2015. Juga melaporkan rincian harta dan besarnya. Namun untuk Tabungan dan deposito tidak camtumkan dalam rician harta. demikian juga uang kas. Nominal ketiga jenis harta tsb jumlahnya sekitar Rp 500 juta.
    Selain itu terdapat tanah dan bangunan yang belom saya laporkan. Saya adalah pensiunan dari bumn dan karena uang pensiun kecil maka kini saya aktif bekerja lagi sebagai konsultan. Apakah saya sebaiknya ikut TA atau cukup melakukan pembetulan SPT? Dan bagaimana cara membuat Pembetulan SPT tsb.?
    Terimakasih atas jawaban/tanggapannya

    1. Pembetulan SPT saja, karena harta tersebut berasal dari penghasilan sebelum pensiun.

      Mba bekerja lagi atau pekerja lepas? karena akan mempengaruhi SPT yang dilaporkan.

      Untuk pembetulan SPT, tinggal isi form pengisian SPT, nanti akan ada pilihan Pembetulan atau tidak.

  18. Mlm mba farah, kalo saya berpenghasilan di bawah ptkp, tp saya punya harta hibah berupa rumah dan kendaraan, tp saya sudah laporan harta tersebut di spt tahunan saya, tp org tua saya tdk melaporkan, apakah perlu tax amnesty pd pajak org tua saya atau tdk dikarenakan saya sudah melaporkan harta tetsebut, terimakasih

  19. Mba Farah, th 2009 saya dpt warisan 500juta dan lsg dibelikan rumah dgn nilai yg sama. Warisan dan rumah sudah saya catat dilaporan spt 2009. Thn 2010-2013 saya hanya catat harta rumah saja senilai harga perolehan 500juta. Mulai thn 2014 & 2015 saya lapor spt online dan tidak catat harta rumah tsb krn menurut saya sudah online jd harusnya kpp tau saya sudah bayar pbb- nya. Apakah sekarang saya harus ikut TA atau bisa pembetulan spt saja? Kalau bisa pembetulan, saya harus pembetulan thn 2014 & 2015 atau 2015 saja? Lalu nilai yg saya masukan dipembetulan tetap 500juta seperti thn2 sebelumnya atau sesuai njop di pbb thn 2014 & 2015, karena njop nya meningkat 2x lipat jd 1M? Terima kasish banyak sebelumnya, mba Farah

  20. Mba farah, saya sudah 4 tahun kuliah lagi ambil S2, dan diberi uang bulanan oleh orangtua. Saat ini ada reksadana 100jt yang belum pernah dilaporkan. Sebaiknya ikut TA atau pembetulan SPT saja? kalau pembetulan SPT berarti di form 1770SS, tinggal menambah jumlah harta dengan 100juta? dan penghasilan tetap nihil?

  21. malam MBA Farah

    saya punya aset berupa rumah pembelian Dari gaji suami sebelum pensiun..400 juta..Mobil Dan motor at as nama saya..Dan ada deposito yg belum dilaporkan ditahun INI.
    Laporan spt tahun 2015 nihil karena saya IBU Rumah Tangga yg tak berpenghasilan Dan suami juga pensiunan..tapi baru mulai kerja kembali Augustus INI.
    apakah saya ikut TA atau pembetulan SPT saja.

    thanks
    Nia

  22. Mba Farah thank you buat jawabannya. Mau nanya lagi untuk pembetulan yang thn 2014 dan 2015 bisa langsung secara online saja atau harus ke kpp ya? Sekali lagi terima kasih banyak ya Mba Farah

  23. Hai.
    Sy Angga,
    Mau tanya, sy bpenghasilan tetap setiap bulan,. SPT tiap tahun jg sdh, tapi blm mlaporkan aset. Aset itu brupa tanah sudah atas nama saya sndiri tapi bsumber dari pemberian/hibah/warisan orangtua yg pensiunan pegawai dn sekaligus punya pengahsilan dari hasil pertanian dan warung.
    Dr comment sebelumnya, utk revisi SPT,perlu pembuktian penghasilan. nah, sebagai petani sulit untuk membuktikan penghasilan ortu. Sedangkan, disisi lain terlihat dgn penghasilan ortu seperti tidak mungkin bisa membeli tanah tsb. Akibatnya,sy blm laporkan aset tanah itu di SPT.
    Mohon pencerahan,
    Apa prlu sy ikut TA??
    Trims atas sarannya.

  24. Hai mba,

    saya mau nanya, tahun 2013 saya punya motor lunas tahun 2015 dan saya belum pernah bayar pajaknya (STNK) nya, tadinya mau bayar 5 tahunan sekalian ganti platnya, pada saat lapor SPT 2015 kemarin saya udah lapor sebagai Harta pada akhir tahun.
    Apakah dengan belum pernah bayar pajaknya (STNK) nya harus ikut tak amnesty ?

    terima kasih

  25. Mba sarah mau nanya ni,
    Selama ini nyokap saya selalu membayar pajak kendaraan / Stnk rumah / PBb dan tanah, lalu deposito juga kan selama ini dipotong pajak, tpi tdk pernah melapor SPT,
    Yang ingin saya tanyakan adalah, dengan Adanya TA apakah harus membayar ?
    Sedangkan nyokap belum punya NPWP ?

  26. Selamat siang mbak, saya ucapkan terima kasih pertama, krena penjelasan mbak yang pling mudah utk dimngerti.
    tpi saya mau nanya mbak, saya sudah pnya npwp lama, tpi saya memang wiraswasta, jadi penghasilan pada akhirnya memang tidak pernah dipotong, tidak seperti org org yg bkerja di prusahaan, penghasilan mereka pasti langsung dipotong oleh pemberi kerja.
    jadi dengan kondisi saya sperti itu, masih bisa ikut tax amnesty?

    1. Hai pak,

      Sebaiknya disarankan untuk tax amnesty. Apakah dari hasil tersebut bapak juga membeli beberapa aset yang belum dilaporkan?
      jika ya, segera konsultasikan ke help desk kantor pajak ya pak 🙂

  27. Halo mbak farah,

    Kalau selama ini saya sudah berpenghasilan bulanan dan sudah dipotong pajak pihak kantor. Namun ada harta berupa tabungan yang tidak saya masukan dalam SPT tahunan saya. APakah saya harus ikut TA atau cukup pembetulan saja

  28. Saya PNS,23 tahun cara ngisi SPT aja bingung.Setahu saya Form SPT 2015 kebawah,maaf kalau salah,,kolom pengisian jumlah harta sangat kecil,makanya banyak yg cuma nulis jumlah nominal dalam rupiah saja.Dan dari segi kantor pajak pun sangat minim sekali sosialisasinya.Tahun ini saya ngisi SPT online di kantor pajak pratama.65 KM dari tempat tugas saya yg jauh dipedesaan tanpa ada sinyal internet.2 kali sya bolak balik karena antri dan server mereka putus nyambung.Saya ngisi SPT didampingi petugas pajak.Saya tanya petugas pajaknya Mbak ini kolom harta harus dirinci atau dihitung secara global saja ?Kalau mo dirinci panjang nulisnya.Si petugas pajak mengatakan dihitung global juga jadi,saat itu tanggal 30 Maret jam 3 sore dengan kondisi koneksi yang putus nyambung dan lelet sekali.Akhirnya saya tulis harta saya hanya dengan nominal Rp 300 juta,saya kelupaan memasukkan deposito hasil tabungan untuk sekolah anak saya.Sementara SPT istri saya,saya minta tolong diupload sama petugas pajak ini,@mail dan pasword nya juga saya beri,karena jam kantor udah mau tutup dan koneksi putus,sementara saya harus menempuh perjalanan 65 KM untuk pulang ke rumah.Harta istri saya pun diisi dengan nominal 100 juta…Saat ini saya bingung,saya kok seperti dijebak..aturan baru harus merincikan harta.Saya juga tidak tahu saya ini masuk kategori PNS dengan PTKP atau tidak.Selama ini transfer gaji saya hanya 4 juta bersih sebulan.Jadi ribet…rasanya tak ada yang tidak kena pajak di dunia ini.Uang yang dibelanjakan perhari 10-20 % diambil untuk pajak.Uang yang disimpan dibank pun kena pajak 20%.Belum lagi iuran BPJS,dll.

  29. hai mb
    saya mau tanya klo ad pembelian mobil scara kredit di th 2015 via leasing tetapi feb 2016 mobil dijual dan dilunasi kreditny apakah masuk ta?

  30. Mba saya mau tanya kita baru ngikut proses ta .. apakah setiap transaksi di rekening bank akan dihitung 1 persen kan ?

  31. dear,

    Mba Farah,
    aku mau nanya nih tentang Tax Amnesty,
    nyokap aku pensiunan nah selama ini yang ngurusin pajaknya itu aku, nah selama ini pas ngelaporin pajak ya aku cuma ngelaporin SPT 1770 SS dengan asumsi pendapatan nyokap dari pensiunan kurang dari 60 juta pertahun, beberapa hari yang lalu nyokap dapet surat panggilan dari KPP karna ada pertambahan Harta (Mobil) yang di beli tahun 2012 tapi ga aku laporin di SPT, nah saran mba Farah gimana nih ?
    tolong penjelasannya mba, karna pas nyokap kemarin kesana kata AR-nya disuruh ikut Tax Amnesty, kalo yang aku bacakan bisa mba ikut Pembetulan SPT,
    nah pertanyaan aku tuh dari tahun berapa aku ngelakuin pembetulan SPT-nya ?
    trus syarat Pembetulan SPT itu apa saja yang diperlukan.?

    mohon dibantu mba penjelasannya .

    regards,
    Dewi

      1. Mba Farah ,

        Tapi permasalahannya nyokap melaporkan harta terakhir (Pemasukan dari uang Pensiunan) tahun 2007 kemudian thn 2012 bisa membeli mobil dan membeli lain2 (nyokap setiap bulan tetap menerima pensiunan dikarenakan nyokap pensiunan PNS), karna sudah lama sekali untuk bukti pemasukan dana pensiunan tsb sudah tidak ada mba, orang pajak ini “nyangka” nyokap menerima duit macem2 padahal mah dari hasil tabungannya selama kerja.

        aku nih agak bingung dengan masalah yang aku hadapi (jadi orang pajak lagi nyorotin penghasilan si nyokap di tahun 2007 mau ngotak-ngatik penghasilan si nyokap mba, karna yang dilaporin terakhir 2007 saat pensiun tapi bisa beli mobil dan lain2 ditahun setelah dia pensiun).

        tolong dibantu mba pencerahannya.. huhuhhuu

  32. Hai mbak dini.
    Mau tanya ni mbak. Amnesti pjk kan ttg harta yg lum d laporkan smpai tahun 2015 kan ya?
    Jadi kita ckup lampirkan harta smpe thun 2015 kan? Kalo misal nya. Ad harta baru d tahun 2016 ini. Nnti pd saat lapor spt tahunan baru saya lampirkan gpp kan?

  33. Berhubung gak dijawab pertanyaan Juliana Wen, Saya numpang jawab ga pa pa bu karena itu untuk thn 2015 – 1985 30 th ke belakang, tapi harta baru per 1 Januari 2016 sd 31 des 2106 harus lapor di spt tahunan 2017.Wasalam .Bpk Ravi

  34. Mbak, saya mau tanya. Saya pindah alamat ke luar kota tapi gak lapor ke KPP. Udah gitu di alamt baru ini saya ngontrak, bukan rumah sendiri. Penghasilan saya sekarang ini kurang dari 4.5 juta/bulan dan kadang2 gak punya duit dn harus ngutang atau mint belas kasih orang. Tapi sampai tahun 2003, sebelum saya pindah, saya punya mobil tgahun 1990 dengan harga Rp. 56 juta waktu baru. Pertanyaannya apa saya yang miskin ini sekarang harus ikut TA?

  35. Hai Mbak Farah, saya ingin menanyakan.
    Saya pekerja bebas masih single yg setiap bulan gaji 3 juta dan Pada tahun 2014 saya mendaptkan hibah/warisan dari almarhum Nenek saya berupa Rumah baru di beli dengan nama Saya tapi sampe skrg belum balik nama alias masih nama Developer. Dan di spt tahunan 2015 saya belum melaporkan warisan rumah tersebut. Apakah saya harus ikut Tax Amnesty atau Pembetulan Spt ?

    Terima Kasih
    Mohon petunjuk

  36. mau nanya nih, saya mulai bisnis online tahun 2008 namun penghasilan masih dibawah PTKP, dan awal2 tahun 2016 sampai sekarang penghasilan udah diatas PTKP, apa perlu ikut tax amnesty??
    saya juga belum buat npwp, jadi pas udah dapet npwp, cukup lapor SPT 2017 tanpa perlu ikut tax amnesty??

  37. Malam mbak farah, sy punya rumah sdh dijual ditahun 2002 dengan kakak ipar makanya rumah tsb tdk kami cantumkan di spt km , masalahnya sampai skrng dia belum balik nama , pertanyaan sy adalah

    1. Apakah sy yg ikut ta atau dia pembelinya , penghasilannya dibawa ptkp , tp dia punya cv , baru mulai merintis usaha tdny pekerja serabutan

    2. Pd saat nantinya dia punya uang untuk balik nama , apakah sy bisa menunjukan bukti ke djp kalau harta itu bukan milik sy hanya dengan kwitansi bermaterai yb sy punya

    3. Brp tarif tebusannya kalau untuk pemilik cv dgn penghasilan minim

    Mohon jawabnya . Terima kasih

  38. Hai Mba’ Farah,

    Mau nanya nih Mba’, saya karyawan dengan penghasilan 5 juta/bulan, selama 3 tahun ini saya selalu lapor SPT dari penghasilan kantor saja. Di awal tahun 2015 kemarin saya diberi mobil oleh seseorang atas nama saya yg dibeli secara kredit (sampai sekarang belum lunas). Apakah lebih baik saya melakukan pembetulan SPT 2015 atau ikut TA ya Mba’ ?

    1. Kalau pembetulan, apakah mobil ini dilaporkan sebagai hibah atau apa ya, karena yang bayar kreditannya bukan saya ?

    2. Kalau ikut TA, berapa tarif tebusannya nya untuk periode 3 bulan terakhir ini ?

    Tolong bantu dijawab ya Mba’, terima kasih.

  39. mba’ Farah,
    saya mau nanya. Selama ini SPT Badan sampai dengan tahun 2015 telah lapor. dan mau ikut TA karena ada mobil yang belum diungkapkan. tetapi di samping itu ternyata selama ini Modal Saham yang dilaporkan salah. semisal selama ini Modal Saham dilaporkan Rp. 100 juta padahal yang benar adalah Rp. 600 juta. bagaimana caranya mengatasi kasus tsb, supaya di spt tahun 2016 modal saham menjadi Rp. 600juta.
    terima kasih,

  40. Saya belum punya npwp, tidak bekerja, hanya membantu teman … dapet mobil dari warisan tahun 2006 …. orang tua juga tidak pernah ada npwp…apa perlu ikut ta ini? Mohon penjelasan jika ada peraturan pajak mobil saya selain pajak stnk.terima kasih

  41. Hai Mba Farah,

    kami sudah mengikuti TA september 2016 berupa asset rumah yang akan dijual, pertanyaan kami : Objek pajak apa yang harus kami bayar dan lapor jika sebagian asset tersebut kami jual pada tahun 2017 dan 2018 nantinya ?
    Demikian disampaikan dan terima kasih banyak atas jawaban nya.

  42. Mba saya,mau nanya kalau ortu saya punya tanah dan sawah dri warisan dan selalu bayar pajak tp belum pernah lapor spt ap hrus ikut tax amnesti atau hanya lapor spt aj karena ortu ga punya,npwp penghasilan sekarang kurang dri 4,5 perbulan bingung saya mohon pencerahan apa yg harus saya lakukan

  43. Hai mbak farah,sy mau ty 3 thn yg lalu saya resign dari perusahaan,tapi setelah resign sy ttp melaporkan spt tahunan,dan selama ini sy hanya membantu ibu sy jualan dg pdptn di bwh ptkp,tapi pada tahun saya resign ibu saya membeli rumah atas nama saya dari uang warisan ibu,tetapi saya tidak pernah melaporkan rumah itu di spt,apakah nanti bisa bermasalah dan apakah saya harus ikut tax amnesti ats rmh tsb?sdgkan sya prnh ke kantor pajak,pajak amnesti saya karna sttus npwp karyawan dikenakan 5% dr hrga rumah,sangat memberatkan bagi saya dg nominal yg cukup besar,mohon solusinya mba terima kasih

  44. Hi Mbak. Boleh tanya?
    Kalau saya dikasih orang tua uang dan dibelikan rumah ditahun 2010

    Saya bekerja sebagai agen asuransi. Selama ini lapor SPT tapi tidak pernah mencantumkan rumah yang dibeli tahun 2010.

    Sekarang mau ikut TA untuk melaporkannya

    Pas saya coba hitung dengan acuan NJOP ternyata saya tidak punya uang sebanyak itu untuk menebusnya.

    Saya ingin ikut, tapi tidak punya uang untuk bayar

    Apakah pemerintah bisa mengeluarkan surat keringanan, seperti keringanan bayar PBB

    Atau ada solusi lain?

    Thx sebelumnya

  45. mba… saya wiraswasta dan punya npwp dan selama ini saya bayar SPT tapi ketika 2014 sebelum ada program TA , usaha saya mengalami kemunduran, selain ditipu dan bisnis lesu ..usaha akhirnya tutup… saya tidak bekerja lagi dan biaya hidup dari tabungan , saya memang punya rumah dan mobil dan belum dilaporkan ke SPT yg baru ,.. itu saja harta saya kalau di tabungan bank juga ga besar ..
    ada 2 versi dari teman2 saya , yaitu ikut TA atau pembetulan SPT saja..
    kalo saya ikut TA saya harus tebus 2% , uangnya ga ada…
    giman saran dari mba ? trims..

  46. mba saya wiraswasta dan selalu bayar SPT dari thn 2008 (sunset policy) tapi memang ada jual rumah lama dan beli rumah baru thn 2012 tapi belum dilaporkan ke SPT dan saya ada cicilan mobil thn 2015 dan belum lunas… apakah saya harus ikut TA tapi harus bayar 5% tapi tidak ada uang atau ikut pembetulan SPT saja ? Gimana y mba ? Trims

  47. Hai Mbak Farah,
    Ayah saya usia 80thn sudah lama pensiun, beliau dulunya wiraswasta. Krn tidak lagi berusaha maka setelah beberapa tahun lapor nihil maka ayah memutuskan terakhir lapor SPT thn 2011 . Di SPT tsb hanya tercantum harta 1 unit rumah yg thn perolehannya 1977.
    Harta lain yg berupa deposito dan reksadana total 920jt a/n ibu tidak dilaporkan
    Pertanyaan saya :
    1. Klu ingin melaporkan 920jt tsb maka berdasarkan peraturan dapat melakukan pembetulan SPT , tp bgmn sementara SPT 2015 tidak dilaporkan ? Apakah dibuatkan laporan SPT 2016 saja ?
    2. Apakah bisa mengganti nilai rumah yg di SPT 2011 msh mencantumkan harga perolehan dengan nilai wajar sekarang di pelaporan SPT tahun2 berikut ?

    Mohon bantuannya, trmksh banyak sebelumnya ya Mbak …

  48. hai mbak farah,
    mau nanya..
    saya seorang karyawan yg tiap th di potong pajaknya.
    1. Saya punya rumah yg sudah saya sebut di spt 2011 dan 2012. tapi 2013 – 2015 lupa mencantumkan..
    2. di th 2013 tsb saudara saya pinjam nama dan npwp untuk pendirian pt. dng saham seolah olah atas nama saya.
    dan saya tidak pernah setòr uang atau pun menerima uang dr saudara saya…
    yang ingin saya tanyakan
    sebaiknya ikut ta atau pembetulan….
    karna untuk rumah, saya sudah pernah mengungkapkan.. dan untum saham saya tidak pernah mendapatkan income apa apa….
    terima kasih..

  49. Hai Mbak Farah,

    Langsung tanya aja, Saya seorang pemain musik dengan dan Istri saya seorang pegawai swasta. Harta saya meliputi sebuah rumah yang blum lunas kpr,
    2 buah mobil pemberian orang tua dan sebuah sepeda motor yang semua didapatkan sebelum tahun2015. Saya selalu membayar pajak semuanya. Saya juga sudah punya NPWP dan setiap tahun selalu melaporkan SPT saya. Apakah saya harus ikut Tax Amnesty?

    Thanks

  50. mba dini,, saya sudah lapor spt thn 2015 pda tgl 31 Matet 2016. haruskah saya lapor spt kmbali…?? tpi skrg kan batas waktunya sdh habis, msh bisa lapor spt kah….??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *