Pertimbangan Memilih Kartu Kredit!

Kartu kredit sudah menjadi seperti salah satu kebutuhan yang ngga bisa dihindari untuk kebanyakan orang .Walaupun ga sedikit juga orang memilih untuk tidak memiliki kartu kredit sama sekali demi menghindari utang.

Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan oleh KK membuat banyak orang memutuskan untuk menjadikan kartu kredit sebagai kartu sakti yang dapat digunakan kapan saja mereka ingin bertransaksi.

Di article sebelumnya yang pernah gw tulis di blog ini Kartu Kredit, Yes or No? gw sudah nulis benefits and costs dari KK. Sekarang gw mau bahas gimana sih cara memilih kartu kredit yang bijak.

1. Cek tingkat suku bunga kredit

Suku bunga kredit bisa berbeda – beda di tiap bank . Bagusnya memilih yang paling kecil tapi kalau kamu pebisnis yang butuh KK tertentu untuk transaksi di luar negri dan ada fasilitas yang diperlukan  atau kamu termasuk yang rajin membayar full payment setiap tagihan, tingkat bunga bisa menjadi bukan faktor utama dalam pemilihan KK. Oh ya pastikan juga suku bunga tersebut kecil bukan karena hanya masa promo tetapi setelah itu dinaikan lagi oleh banknya.

2.  Cek cara perhitungan bunga kartu kredit

Perhitungan bunga kartu kredit juga bisa berbeda – beda loh. Makanya sebelum mengambil kartu kredit, tanya dulu ke pihak bank bagaimana mereka menghitungnya. Banyak kasus perhitungan bunga kartu kredit tidak sesuai dengan standar pada umumnya. Katanya sih emang untuk perhitungan bunga ini tidak ada peraturan khusus dari BI, BI cuma bikin peraturan untuk maksimal tingkat suku bunga saja

3. Cek Minimum payment

Minimum payment sudah distandarisasi yaitu 10% . Kalau sebelum BI bikin peraturan, ada yang sampai 6% . Walaupun begitu tetap selalu membayar full payment sekecil apapun minimum payment yang dikasih oleh bank.

4. Cek Annual Fee Kartu Kredit

Annual fee kartu kredit kalau bisa pilih yang ZERO FEE atau seminim mungkin. Pastiin juga bukan karena masa promo aja .

5. Cek kecepatan dan kemudahan dalam berkomunikasi dengan Call Centre

Ini penting banget, karena kita ngga akan pernah tau kapan kita membutuhkan bantuan Call Centre. Bisa jadi KK kita hilang, di decline, dicuri, dll . Nah kalau Call Centrenya lama atau susah dihubungin kan males banget. Pastiin Call Centrenya ga pernah libur .

6. Cek apakah mereka memiliki Early Detection Fraud System

Apa upaya bank untuk mencegah berbagai macam kejahatan terhadap kartu kredit. Contohnya : ketika ada transaksi yang dirasa mencurigakan seperti anda yang tidak pernah belanja dengan jumlah terlalu besar, tetapi tiba – tiba melakukan pengeluaran besar daripada biasa, maka pihak bank langsung menelp dan konfirmasi apakah benar anda yang melakukan pengeluaran tersebut .

7. Cek Reward Point

Percuma donk sering – sering pake KK tapi ngga dapat reward apa – apa. Cek reward apa aja yang kita dapatkan dan fasilitas apa saja yang bisa diberikan oleh penerbit KK untuk para nasabahnya.

Masih banyak lagi sih pertimbangan – pertimbangan untuk memilih kartu kredit. Sekarang sudah ada website juga yang akan memudahkan kita dalam membandingkan kartu kredit di penerbit satu dengan penerbit lainnya.

Silahkan cek di www.pilihpintar.com supaya kalian lebih pintar dalam memilih penerbit kartu kredit

Loads of Love,

Dini

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *