Mecahin Masalah Utang !

Its Frightening!

But its happening to the people in our country

Debt is a serious issue…when i say serious, it means crazy serious,  a stage 4 cancer

Dalam 3 bulan ini, perusahaan gw melakukan workshop dan financial checkup ke beberapa karyawan perusahaan. Masalah terbesar yang para karyawan hadapin adalah UTANG!

Total cicilan utang yang sehat adalah maksimum 30% – 35% dari penghasilan.

Nah setelah di cek hasilnya para karyawan ini mencapai lebih dari 55% malah sampai ada yang 70% gaji. Sudah pasti dengan banyaknya beban cicilan, boro-boro mikirin investasi, untuk kehidupan sehari – hari aja sudah susah…The crazy thing is that Mereka itu gajinya cukup lumayan banget loh, belum lagi bonusnya juga bisa beberapa kali gaji.

Hal ini jelas menjadi concern perusahaan dan kami juga para perencana keuangan…Kenapa? jelas apabila seseorang memiliki masalah utang, akan berefek ke hal – hal lain dalam kehidupan mereka

Apabila karyawan memiliki masalah utang yang serius, produktivitas kinerja mereka bisa turun secara signifikan. Di salah satu pabrik yang kami datangi, beberapa karyawan menggunakan waktu mereka untuk bertemu rentenir sehingga efek terhadap jumlah produksi mengalami penurunan. Tidak hanya itu, dengan masalah utang ini, perusahaan rentan terkena fraud, seperti korupsi, penyalahgunaan wewenang, penipuan dan lain sebagainya.

Kalau dilihat dari masalah yang sudah terjadi seperti ini, memang ilmu pengelolaan keuangan yang bener itu harus di pupuk sedini mungkin. Kalau menurut pandangan gw, perusahaan seharusnya hire perencana keuangan di saat recruitment karyawan – karyawan baru dan bukan cuma pada saat sudah karyawan terjebak masalah atau pas mau deket – deket pensiun *curhat ini*

Bener loh, coba deh dipikir – pikir. Misalnya lo baru fresh graduate dengan gaji minim. Apabila dengan gaji kecil aja lo ngga bisa ngelola, apakah lo bisa ngandelin diri lo untuk ngelola duit yang lebih besar lagi?

Kebanyakan orang yang gw temui juga banyak melakukan kesalahan pada saat masih single atau belum punya anak. Merasa duitnya banyak, jadi semua untuk seneng – seneng aja sampai akhirnya kehidupan berubah pada saat married dan memiliki anak. Baru sadar aset ngga punya, baru sadar duit sekolah ngga sedikit, baru sadar selama ini penghasilan lebih sering digunakan untuk memanjakan diri di masa sekarang daripada memikirkan kesenangan di masa depan.

Apakah seneng – seneng itu salah? NOPE! i love having fun too..i enjoy my time hanging out with my friends, spending my money on exercise and clean eating, i love going to the beach etc but I know in my mind that if i want more pleasure, means i need to work harder, use my brain to create more money or finding alternatives to still have fun but spend less money !  i do not want to have fun now and suffer later, i want to have fun NOW and LATER! How ? baca aja di buku gw Fin-Chick-Up yang bakal terbit bulan depan (April) *promosi dikit drpd jelasin panjang lebar disini* .

Sekarang gw mau bahas soal gimana kalau sudah terlanjur ngutang? what do we doo??

1. The Snowball Method

Salah satu pakar keuangan di Amerika, Dave Ramsey bilang kalau personal finance itu terdiri dari 80% prilaku dan 20% pengetahuan matematika. Emang bener sih, mau perencana keuangan ngasih teknik – teknik seperti apapun tetap dari diri kita sendiri yang menentukan keberhasilan mencapai suatu kondisi keuangan yang kita inginkan. Nah karena 80% soal prilaku jadi untuk ngelunasin utang juga pake cara yang impact ke sisi psikologi seseorang.

Biasanya kan disaranin kalau utang banyak, lunasin dulu dari bunga yang paling gede. Tapi banyak juga orang yang dengan cara ini ngga bisa dan malah makin menjadi – jadi utangnya -__-

Dave Ramsey nyaranin sebaliknya, lunasin dulu utang dengan jumlah yang paling kecil.  Dengan kita mampu membayar satu utang secara penuh, kita akan termotivasi untuk ngelunasin utang – utang lainnya. Hal ini disebabkan secara psikologi, kita bangga mampu lunasin hutang, dan secara matematika, jumlah cicilan kita berkurang dan kita merasa bisa napas sedikit.

Nah cara yang mana yang cocok buat elo, lakukanlah! Percuma deh belajar banyak teori tapi ngga ada yang dipraktekin! mending cari cara yang emang lo paling comfortable tapi bisa lo lakukan dengan segera!

2. Jual Aset!

Aset konsumtif dulu deh dijual…apa kek yang udah ga dipake lagi daripada numpuk di rumah atau di gudang. Kan ada tuh website – website yang bisa jualan barang second. Gunain tuh buat jualan..Emang sih hasilnya ga seberapa karena barang bekas, tapi kan lumayan buat nambah – nambah utk lunasin utang lo.

Aset produktif itu dijual klo emang kondisinya sudah kronis dan ga ada jalan lain..misalnya jual rumah, itu pun lo tetap harus cari rumah lagi yang lebih murah (Which is ga gampang juga) . Sisa hasil jual rumah lama baru dibuat untuk bayar utang. Atau ganti mobil ke yang lebih murah klo yang sekarang dirasa kemahalan dan malah nambah beban biaya – biaya maintenance nya.

3. Take over kredit

Untuk kpr yang bunganya sudah floating dan mencekek dompet, lo bisa coba take over ke bank lain yang bisa ngasih bunga fixed lbh rendah (walaupun ttp fixed biasanya cuma thn2 awal jg, tapi plg ngga bisa napas dulu gitu dan cari alternative nambah penghasilan sebelum ke floating lagi).

However yang perlu diingat, untuk take over kredit ngga mudah juga, belum tentu juga diterima sama bank. Catatan pembayaran cicilan lo harus bagus, kalau ngga, lo bakal harus nunggu sampe catatan kredit lo bagus lagi baru di approve. Trus take over kredit artinya lo harus bayar biaya admin, asuransi, dll lagi. Sebelum memutuskan take over sebaiknya analisa dulu plus minus nya, apakah keputusan take over itu akan tepat atau tidak.

4. Tambah penghasilan atau kurangi pengeluaran

Nah ini cara yang kedengarannya simple dan sering disaranin oleh para perencana keuangan. Tapi pertanyaannya adalah MUDAH DILAKUKAN nggaaaaaaaaaa?

Nambah penghasilan dengan cara menggunakan hobi lo yang biasanya selama ini malah menguras duit tapi sekarang dijadiin sumber penghasilan. Misalnya neh lo hobi photography, gayanya udah kaya fotografer beli alat – alat nya yang luar biasa mahal. Nah gunakan donk alat itu untuk cari duit, tawarin temen kek untuk di foto pas acara ulang taun, kawinan atau sekedar profil foto untuk portfolio pribadi. Yang hobi murah kaya nulis, bisa tuh cari job sebagai penulis …atau yang jago design grafis, tawarin temen untuk bikin logo atau apa gitu, hobi bikin cake bisa dijual ke temen – temen terdekat, dsb.

Males?ngga mau mikir?udah bilang NGGA BISA duluan? udah bilang SUSAH CARI WAKTU?

ya udah jangan complain utangnya ga selese – selese. Jangan bilang life is not fair dan jangan jealous temen mulai bisa beli aset

Ngurangin pengeluaran bukan berarti ga boleh seneng – seneng sama sekali. Frekuensi nya aja dikurangin atau cari alternative yang lebih murah. Banyak cara kok buat seneng – seneng tanpa harus ngeluarin banyak biaya. Its only the matter of do you really want it or not!

Sebagai perencana keuangan, gw ngga munafik! Im not perfect either when it comes to self control over my finances. But i know one thing, DEBT IS A BIG NO NO for me! No matter how much i want to have fun, i need to make sure i always transfer some money to my investment account first then i allow myself to have some fun! AND If i want more fun, then i need to use this brain of mine, to find another source of income, bisa dari menulis, bisa dari jualan barang sama temen, bisa anything!

So ladiesss….

Lets take over control of our finance! Dont let it control you!

Yes its not easy..but you know something that is not easy, usually will be worth it at the end!

Lots of love,

Dini

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

3 Comments on “Mecahin Masalah Utang !”

  1. Nice article, mbak dini…ringkas tp penuh makna..sgt informatif n inspiratif…smga para pengutang khususnya pengutang konsumtif segera kembali ke jalan yg benar setelah membaca artikel ini…#suka gemezz lht org lbih milih gengsi drpd bebas hutang..hehehe..di tunggu artikel2 lainnya…sukses selalu buat mbak dini

  2. Tks mba dini…after read ur book…dee coba untuk lbh bnyk baca lgii…setdkny sblm mgmbl lgkah besar to solve my debt…i. Must learning ..more n more…artikel ini sgt mmbntu ‘ untk mgatasi my financial disaster.# 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *