Kartu Kredit, Yes or No?

Hello pretty ladies,

Hari ini gw mau bahas kartu kredit ahhh…

Selama ini kita sering banget dengar kejelekan – kejelekan dari CC , padahal keuntungan dari CC itu sendiri banyak juga loh. Yang bikin CC itu menjadi jelek karena penggunanya yang tidak disiplin dalam pemakaian maupun pembayaran.

Jadi apa aja sih Keuntungan dan Kerugian menggunakan Kartu Kredit ? Lets Discuss

Benefits :

1. Tidak perlu membawa duit banyak untuk melakukan transaksi dalam jumlah besar. Bayangin aja kalau misalnya kita harus membeli sesuatu dengan harga puluhan juta ataupun ratusan juta dan harus membawa cash kemana mana. Ga aman dan ga convenient juga.

2. Dapat membayar tagihan – tagihan untuk keperluan rumah tangga.

3.  Asuransi kecelakaan perjalanan. Kalau kita bepergian ke suatu tempat tertentu, kartu kredit juga memberikan asuransi kecelakaan perjalanan untuk seluruh keluarga tanpa harus membayar premi asuransi lagi.

4. Asuransi ketidaknyamanan dalam perjalanan. Contohnya kehilangan bagasi, delay, bagasi dibuka paksa,dsb

5. Untuk beberapa kartu tertentu, kita dapat menikmati konsultasi kesehatan 24 jam dan mendapatkan fasilitas evakuasi medis darurat dan pemulangan medis darurat.

6. Fasilitas Executive Lounge. Kalau kartu kita jenis gold ataupun platinum, kita bisa masuk ke ruang tunggu di seluruh dunia dengan gratis dan menikmati sajian – sajian yang dihidangkan sambil menunggu.

7. Ada reward program dan lain sebagainya…

Menarik ya?? banget tapi kalau kartu kreditnya disalahgunakan ya semua paket menarik di atas percuma aja…

Costs :

Ini yang perlu kalian ingat kalau memiliki kartu kredit :

1. CC bukan ATM . Gede lo biaya nya…

2. CC bukan dana darurat. Kalaupun dipakai pada saat terdesak, ya make sure ada dana di tabungan yang bisa mengganti hutang tadi atau kamu tau dlm waktu singkat sebelum jatuh tempo akan ada dana yang bisa digunakan untuk membayar lunas hutangnya.

3. CC bisa menimbulkan biaya – biaya sbb: biaya iuran tahunan, biaya bunga, biaya penarikan tunai, biaya admin, biaya keterlambatan, biaya over limit, biaya apabila ada penggantian kartu, biaya permintaan salinan lembar pemberitahuan tagihan.

4. Kalau lo selalu bayar minimum payment, ya siap – siap aja bayar bunganya dalam setahun bisa 36% – 48% . (Duh mba-mba, mendingan nyicil beli rumah atau apartemen deh bisa ditinggalin atau malah disewakan untuk passive income kita).

 Kartu kredit bukanlah pengganti uang tunai yang tidak kita miliki. 

Perlu ga punya banyak kartu kredit??

Gw pernah ketemu orang yang punya buanyak kartu kredit, tapi doi ga pernah sekalipun bayar minimum payment selalu lunas. Kartu kredit bener – bener dimanfaatkan untuk keperluan bisnis dan taking advantage dari semua benefit yang didapat dari kartu – kartu tersebut.

Gw juga pernah ketemu orang yang banyaak kartu kredit, dan karena tidak ada self control dalam penggunanaan akhirnya harus terjebak hutang dan di kejar debt collector.

Jadi sebelum apply KK, tanya dulu ama diri sendiri, perlu ga punya banyak – banyak kartu kredit?bisa juga ngga gw ngelunasin cicilan – cicilannya?do i have a self control??

You know yourself better than the person who offers you  new credit cards right?otherwise you are just gonna let other people “controlling” you 🙂 Be wise my ladies

Loadsa Love,

Dini

Follow, Like and Share The Post

About Farah Dini

I'm a Co-Founder and Vice-CEO of JOUSKA, an Independent Financial Advisory Firm based in Jakarta. I'm also an author and a financial writer contributors at several media.

View all posts by Farah Dini →

2 Comments on “Kartu Kredit, Yes or No?”

  1. Iya emang bener sihhh, secara aku pernah punya pengalaman buruk dgn CC bbrp th lalu, tp skrg mencoba memberanikan diri pake CC lagi (hanya 1 CC dan hati2 bgt pake’ nya) 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *